Gempa 8 SR Guncang Meksiko

TOPMETRO.NEWS – Gempa berkekuatan 8 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Meksiko selatan. Gempa itu memicu peringatan tsunami.

“Berdasarkan semua data yang ada  gelombang tsunami berbahaya yang meluas diperkirakan terjadi di sejumlah pantai,” demikian disampaikan Pusat Peringatan Tsunami Pasifik.

Disebutkan gelombang tsunami dengan ketinggian lebih dari 3 meter mungkin terjadi di sejumlah pantai Meksiko.

“Gelombang tsunami yang mencapai ketinggian lebih dari 3 meter mungkin terjadi di sepanjang pantai-pantai Meksiko,” demikian disampaikan Pusat Peringatan Tsunami Pasifik seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (8/9/2017).

Disebutkan gelombang tsunami lebih kecil akan terjadi di negara-negara lain.

Peringatan tsunami ini dirilis untuk wilayah pantai-pantai Meksiko, juga Guatemala, El Salvador, Costa Rica, Nicaragua, Panama, Honduras, bahkan hingga ke Ekuador.

Getaran gempa ini juga dirasakan di ibu kota Mexico City, yang menyebabkan orang-orang berlarian ke jalan-jalan setelah mendengar sirene peringatan gempa. Belum ada laporan mengenai korban maupun kerusakan akibat gempa yang terjadi pada Kamis (7/9) malam waktu setempat.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat, USGS menyatakan pusat gempa disebutkan berada sekitar 123 kilometer barat daya kota Pijijiapan, dengan kedalaman 33 kilometer. Badan perlindungan sipil Meksiko menyatakan, ini merupakan gempa paling dahsyat yang melanda Mexico City sejak gempa pada tahun 1985, yang menewaskan ribuan orang dan meratakan banyak bangunan di Mexico City. (tmn)

Related posts

Leave a Comment