Sttt…. 10.000 Warga Sumut Positif Narkoba?

Sttt.... 10.000 Warga Sumut Positif Narkoba?

TOPMETRO.NEWS – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumut, Brigjend Pol Andi Loedianto mengungkapkan kini diperkirakan ada 10.000 orang positif memakai narkoba di setiap Kabupaten/Kota di Sumatera Utara.

“Dari data yang saya dapat, jumlah narapidana dari 33 Kabupaten/Kota di Sumut yang telah divonis karena kasus narkoba ada 28 ribu orang. Itu masih yang divonis, belum lagi yang BNN tangani dan polisi tangani. Jadi kita perkirakan sampai tingkat Polsek saja ada 3.000 ribu orang lagi pengedar,” sebutnya.

Bila dibagi rata dari 28 ribu narapidana tersebut dengan 33 Kabupaten/Kota yang ada di Sumut, maka per Kabupaten/Kota mencapai 850 orang. Dan dari 850 orang itu mengedarkan kepada 5 orang atau bahkan lebih, maka diperkirakan angka yang positif memakai narkoba di setiap kabupaten/kota di Sumut mendekati 10.000 orang.

“Di Medan Tembung misalnya, ada siswa kelas V SD sudah mengonsumsi sabu-sabu. Jadi kalau kalian memiliki adik atau anak di bangku SD, sekarang ini sudah harus diwaspadai,” ucapnya.

Selain itu, sambungnya, tempat rehabilitasi pencandu narkoba saat ini juga terbatas. Lokasi rehabilitas di Sumut hanya mampu menampung 100 orang.

“Kalau misalkan tadi di setiap Kabupaten/Kota ada 10.000 orang yang positif narkoba, terus 1.000 orang saja yang datang ke kita untuk direhabilitasi. Mau kita letakkan dimana?” katanya.

Dalam acara yang dibuka Kadis Kominfo Sumut, Fitriyus dan dimoderatori Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik, Abdul Aziz Batubara, juga menghadirkan pemateri yakni Kabid Penyelidikan dan Pemeriksaan BPOM Medan, Ramses Dolok Saribu.(tmn)

Related posts

Leave a Comment