Portugal Lolos ke Piala Dunia Rusia

Portugal Lolos ke Piala Dunia Rusia

Kalahkan Swiss 0-2

TOPMETRO.NEWS – Meski Cristiano Ronaldo tidak mencetak gol namun kehadirannya di Timnas Portugal cukup signifikan sehingga mampu menang atas tamunya Swiss pada laga kualifikasi Piala Dunia Rusia.

Pada laga yang digelar di Estadio da Luz, Rabu (11/10) dini hari WIB, Portugal menang 2-0 berkat gol bunuh diri yang dilakukan oleh J. Djourou pada menit ke-41 dan gol André Silva menit ke-57.

Dengan begitu Portugal lolos otomatis ke Rusia tahun depan tanpa mengikuti babak play off karena menjadi juara Grup B dengan mengemas 27 poin sama dengan Swiss namun unggul selisih gol.

Sedangkan bagi Swiss akibat kekalahan ini sangat menyakitkan harus menjalani play off jika ingin berlaga di Piala Dunia Rusia. Pasalnya mereka sebetulnya bermain seri saja sudah menjadi juara grup.

Wajib menang membuat Portugal sejak menit awal langsung bermain agresif dan mengurung pertahanan Swiss.

Beberapa kali tim asuhan Fernando Santos itu membongkar pertahanan Swiss yang memang kali bermain disoplin dan ketat. Ronaldo beberapa kali mengumbar ancaman ke gawang tim tamu namun belum membuahkan hasil.

Akhirnya pendukung tuan rumah bergemuruh setelah gol tercipta di menit ke-41 meski dari keberuntungan di sana.

Awalnya Yann Sommer tampil sigap di bawah mistar meninju umpan silang Eliseu. Sayang, keberaniannya menerjang kerumunan Portugal malah berbuah pahit, karena bola yang dia tinju membentur Johan Djorou dan berbelok ke gawang Swiss. Keunggulan satu gol itu bertahan hingga jeda turun minum.

Memasuki babak kedua Portugal terus mengurung pertahanan Swiss. Sementara tim tamu mengandalkan serangan balik. Tentu saja Portugal belum aman dengan unggul satu gola sebab bisa saja Swiss mencetak gol dan menyamakan kedudukan.

Oleh karena itu segala usaha Ronalco Cs untuk mencari gol tambahan. Memang kembali terbukti ketika Portugal dalam tekanan justru semakin baik. Dan Seleccao bahkan mampu menggandakan keunggulan ketika laga memasuki menit ke-57.

Bernardo Silva layak mendapat sanjungan berkat aksinya dalam gol kedua ini. Winger Manchester City itu melakukan aksi individu menawan di sektor kanan, lalu mengieim bola ke depan gawang. Ada Andre Silva yang berdiri bebas di sana dan dengan mudah menjebol gawang Swiss yang tak dikawal.

Gol kedua itu mendorong Santos untuk memperkuat pertahanan Portugal. Antunes dimainkan untuk menggantikan Eliseu, kemudian Andre Silva ditukar posisinya dengan Andre Gomes.(tmn)

Related posts

Leave a Comment