Medan selayang Masuk Nominasi Kecamatan Terbaik Sumut 2017

TOPMETRO.NEWS – Kecamatan Medan Selayang masuk nominasi Perlombaan Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017. Terpilihnya Kecamatan Medan Selayang masuk dalam nominasi penilaian Kecamatan Terbaik Sumut usai menjadi yang terbaik dalam penilaian Kecamatan Terbaik Tingkat Kota Medan Tahun 2017.

Tim Penilaian dari Provinsi turun langsung melakukan penilaian terhadap Kecamatan Medan Selayang bersama unsur Kecamatan, Kelurahan, Muspika, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan masyarakat Kecamatan Medan Selayang, Selasa (17/10/2017) di Kantor Camat Medan Selayang.

Kehadiran tim penilai yang diketuai Ir. H. Irman M.Si disambut oleh Walikota Medan yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Sosial, Drs. Musaddad, M.Si, Camat Medan Selayang, Sutan Tolang Lubis, S.STP, Sekcam Medan Selayang Odi Batubara, S.STP dengan persembahan tarian adat dan penyematan pakaian adat kepada ketua tim penilai.

Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S,M.Si dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Sosial Musaddad, mengucapkan selamat datang kepada ketua Tim beserta rombongan penilaian Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi di Kecamatan Medan Selayang.

Tentunya kedatangan Tim Penilai diharapkan dapat memberikan masukan untuk menyempurnakan hal-hal yang dibutuhkan sehingga Kecamatan Medan Selayang dapat menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017.

Kecamatan Medan Selayang, selama ini merupakan salah satu Kecamatan yang menunjukkan eksistensinya sebagai perpanjangan tangan Pemko Medan untuk memberikan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat di Kecamatan.

“Dari laporan yang masuk ke saya, Kecamatan ini sangat berhasil dalam hal layanan pemerintahan kepada masyarakat yang berbasis teknologi informasi, terutama dalam keberhasilan penerapan keterbukaan layanan informasi pemerintahan. Semua sistem pemerintahan yang ada di Medan Selayang ini sifatnya terbuka, bahkan Medan Selayang menjadi kecamatan pertama di Medan menjadi lokasi roadshow Ombudsman RI Perwakilan Sumut,” jelas Musaddad.

Sementara itu, Ir H Irman, M.Si selaku ketua Tim Penilai Kecamatan Tingkat Provinsi mengatakan mereka datang untuk mengevaluasi kinerja Kecamatan dalam pelaksanaan tugas fungsinya yang selama ini telah dilaksanakan. Melihat kemajuan yang ada dirinya mengaku senang dengan progres yang dihasilkan Kecamatan Medan Selayang. Kita ingin menghadirkan Kecamatan terbaik yang mampu menjadi teladan bagi Kecamatan lainnya di Sumatera Utara.

“Kami bangga pelayanan publik di Medan Selayang ini mengedepankan sisi pelayanan prima, tanpa memandang identitas pengunjung. Sepanjang pengamatan kami, semua dilayani dengan baik,” ujar Irman melanjutkan.

Ketua Tim Penilai menambahkan penilaian Kecamatan menggunakan penilaian yang berbeda dari tahun sebelumnya. Kalau tahun sebelumnya penilaian dilakukan sekaligus pada 34 kabupaten/ kota, tahun ini dilakukan pembedaan, dimana penilaian Kecamatan terbaik pada Kota dipisah dengan Kecamatan terbaik pada Kabupaten.

Namun tetap dengan indikator penilaian yang berkaitan dengan program, pemerintahan, kewilayahan, kemasyarakatan, pendidikan, trantib, pembangunan, pelayanan kesehatan, program KB, kebersihan serta partisipasi dan pembinaan masyarakat kelurahaan.

Sebelumnya dalam ekspos Camat Medan Selayang Sutan T. Lubis, dijelaskan keunggulan-keunggulan yang ada di Kecamatan seluas 2.379 Ha dengan 6 Kelurahan dan 63 Lingkungan.

“Di Bidang Pemerintahan, kita sudah menerapkan sistem Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) sebagai program pemberian pelayanan prima kepada masyarakat,” papar Sutan.

Selain itu di Kecamatan Medan Selayang juga aktif mendukung program pemerintah di bidang pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, trantib, pembangunan kecamatan, pemberdayaan kemasyarakatan sebagaimana yang diamanatkan Walikota Medan dalam RPJMD Kota Medan.

“Kita punya 3 keunggulan utama di Kecamatan ini, diantaranya gagasan Agro City (Konsep Pertanian Perkantoran), Implementasi Bank Sampah Kecamatan, serta penerapan sistem pelayanan publik secara online melalui Website Kecamatan Medan Selayang,” terangnya didampingi Sekcam Odi Batubara serta jajaran Lurah nya.(TM/04/REL)

 

Related posts

Leave a Comment