Rapat Koordinasi Pemda Sumut, Bupati Remigo Raih 2 Penghargaan

TOPMETRO.NEWS – Wajah sumringah dan berseri-seri terpancar dari Bupati Pakpak Bharat, Dr. Remigo Yolando Berutu, M.Fin, MBA, saat menerima 2 penghargaan,pada acara Rapat Koordinasi Pemerintah Daerah Sumatera Utara bersama Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara di Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention, Medan, pada, Selasa (31/10/2017).

Penghargaan yang diraih adalah, penghargaan atas Keberhasilan Menyusun dan Menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2016 Dengan Capaian Standar Tertinggi dari Pemerintah Pusat yang ditandatangani Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, serta Penghargaan Pemerintah Daerah Terbaik II Dalam Kinerja Pengelolaan Keuangan Daerah Tahun 2017 Lingkup Provinsi Sumatera Utara dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara.

“Hal yang membanggakan juga bahwa sebagai daerah baru dari hasil pemekaran dan berada di pinggiran Sumatera Utara, Pakpak Bharat mampu menunjukkan dan mempersembahkan yang terbaik untuk negeri ini dalam kinerja pelaporan keuangan. Dalam perspektif saya ,ini juga menjadi salah satu wujud penerapan Nawacita yang ditegaskan oleh Bapak Presiden Joko Widodo tentang membangun dari pinggiran,” ujar Bupati Remigo saat dikonfirmasi di sela-sela acara.

Selain menerima penghargaan, dihadapan seluruh undangan yang hadir, termasuk Gubernur Sumatera Utara, Dr. H.T. Erry Nuradi, Ka. Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Sumut, Bakhtaruddin, Ka. BPK Perwakilan Sumut, Dra. Vincentia Moli Ambar Wahyuni, MM Ak, para Kepala Daerah se-Sumatera Utara, pimpinan institusi dan lembaga di Sumatera Utara, Bupati Remigo bersama beberapa Bupati dan Walikota lainnya juga menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara tentang Peningkatan Kualitas Pelaksanaan Penyaluran Dana APBN dan APBD.

Dalam acara ini juga dilakukan launching aplikasi e-Medan, yaitu Elektronik Monitoring & Evaluasi Daerah dari Aspek Nawacita, yaitu sebuah aplikasi informasi terkait profil dan kinerja keuangan pemerintah daerah yang valid dan up to date serta sebagai cloud storage (pengumpulan data) keuangan Pemda. Aplikasi ini berbasis web dan android. Ke depan pihak Kanwil Ditjen Perbendaharaan akan segera melakukan pelatihan bagi Pemda terkait penerapan aplikasi ini.

Gubernur Sumut dalam sambutannya, mengapresiasi akan keberadaan aplikasi ini sembari berharap bahwa aplikasi ini juga berguna untuk memantau ekonomi makro dan hal-hal lain serta menjadi guidance dalam mendukung kemajuan serta kesejahteraan.

“Saya juga mengapresiasi para Bupati dan Walikota yang menerima penghargaan Laporan dan Kinerja Pengelolaan Keuangan Daerah yang semuanya berupa poin penting beranjak dari LHP-LKPD dengan Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK RI. Di masa yang akan datang semoga Pemerintah Daerah yang mendapat opini WTP akan bertambah. Untuk itu diharapkan pihak BPK RI mampu memberi kiat-kiat serta masukan-masukan yang bermanfaat agar pada tahun-tahun mendatang wilayah-wilayah lain akan meraih opini tertinggi ini,” sebut Gubernur.

Acara diisi juga dengan pengarahan dari BPK RI Perwakilan Sumatera Utara tentang Laporan Keuangan Pemerintah Daerah yang disampaikan oleh Kepala Perwakilan, Dra. Vincentia Moli Ambar Wahyuni, MM Ak.(TMD/022)

Related posts

Leave a Comment