Ratna Sitepu Kampanye Sampah dan Kebersihan

Ratna Sitepu Kampanye Sampah dan Kebersihan

TOPMETRO.NEWS – Anggota DPRD Medan Fraksi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Ratna Sitepu mendukung kampanye kebersihan Pemko Medan sebagai salah satu sarana dalam mengedukasi warga tentang pentingnya kebersihan.

Hal ini diungkapkan Ratna Sitepu saat menghadiri Kampanye Kebersihan di Kelurahan Titi Rantai sekaligus sosialisasi sosialisasi Perda larangan membuang sampah sembarangan di Jalan Jamin Ginting Medan, Jumat (3/11).

“Kita sangat mendukung digalakkannya kampanye kebersihan dan sosialisasi perda tentang larangan membuang sampah sembarangan yang dilaksanakan Pemerintah Kota Medan. Kegiatan ini harus menjadi sarana dalam memberikan pelajaran kepada warga tentang pentingnya kebersihan,” jelasnya.

Ratna mengatakan, terkait kampanye kebersihan, dia mengharapkan tidak hanya sekedar slogan dan seremonial saja tetapi harus memberikan penguatan misalnya dengan langsung terjun ke masyarakat.

“Ini yang kita lakukan, kampanye di Kecamatan Medan Baru beberpa waktu lalu dengan memberikan masyarakat alat pembersih seperti sapu, tempat sampah dan lainnya diharapkan juga bisa memicu semagat warga untuk hidup bersih,” jelas Ratna.

Dengan memberikan alat-alat serta menyediakan sarana dan pasaranannya, kedepan diharapkan warga bisa terpacu untuk menjadikan Kota Medan menjadi Kota yang bersih.

“Dengan disediakan sarana dan prasarana, kedepan warga bisa tergugah hatinya untuk tetap menjaga lingkungannya menjadi bersih,” jelasnya.

Hj.Ratna Sitepu sangat mengapresiasi kampanye kebersihan yang dilakukan Kelurahan Titi Rantai Kecamatan Medan Baru ini, dimana dengan kampanye ini diharapkan bisa menjadi contoh untuk diikuti kelurahan dan kecamatan lain.

“Kita sangat mengapresiasi acara ini, semoga bisa dicontoh Kelurahan lain,” jelasnya seraya mengatakan jika Kelurahan Titi Rantai dan Kecamatan Medan Baru sudah menjadi pelopor kebersihan dan kawasan bebas sampah di Kota Medan.

Politisi Hanura Kota Medan ini juga mengharapkan keterlibatan perusahaan perusahaan dalam program CSR nya bisa membantu program kampanye kebersihan di Kota Medan. “Begitu juga perusahaan perusahaan di Kota Medan sangat diharapkan partisipasinya melalui program CSR dalam mendukung program ini,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, M Husni yang hadir dalam Kampanye Kebersihan juga mengapresiasi langkah yang dilakukan Lurah Titi Rantai dan Camat Medan Baru dalam menindaklanjuti Perwal Nomor 73 Tahun 2017 terkait pengelolaan sampah yang sudah dikembalikan ke Kecamatan.

“Ini adalah bukti bahwa Kecamatan dan Kelurahan sudah mengeksekusi Perwal 73 Tahun 2017 terkait pengelolaan sampah. Kita sangat berharap aksi ini bisa diikuti oleh kelurahan lainnya,” jelasnya.

Husni juga mengarapkan moment ini menjadi sarana dalam meningkatkan kebersihan dan Medan Kota bebas sampah. “Harapan kita ini menjadi moment penting, karena Kecamatan Medan Baru merupakan kecamatan paling aktif melakukan kampanye kebersihan,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Lurah Titi Rantai, Bona Manuel Tarigan, SE.Msi mengatakan Kampanye Kebersihan ini merupakan wujud keseriusan Kelurahan Titi Rantai dalam kebersihan dan mewujudkan Medan bebas sampah.

“Kampanye ini terus dilakukan dari mulai sekolah, rumah-rumah warga dan tempat umum sehingga masyarakat mengetahui pentingnya kebersihan dan pengelolaan sampah ini,” ucapnya.

Bona juga mengatakan, pihaknya juga sudah menyiapkan tim saber di Kelurahan guna menindaklanjuti persoalan sampah di masyarakat, kemudian menyusun jadwal bagi para petugas sampah sehingga kebersihan di wilayahnya benar-benar bisa dikendalikan.(TM-04)

Related posts

Leave a Comment