Terima Rombongan Konjen Tiongkok, Wagubsu Tawarkan Potensi Nias

Terima Rombongan Konjen Tiongkok, Wagubsu Tawarkan Potensi Nias

TOPMETRO.NEWS – Wagubsu Dr Nurhajizah Marpaung menerima kunjungan Konsul Jenderal (Konjen) Tiongkok Sun Ang yang datang bersama Consul for Economic and Commercial office, Mr. Liu Weigou dan Vice Consul and Interpreter for Administrativ, Ms. Chang Xiaozhu, Selasa (14/11) di ruang kerja Wagubsu lt.9 Kantor Gubsu.

Wagubsu pada kesempatan itu didampingi Kabiro Otonomi daerah dan Kerjasama Setdaprovsu Basarin Yunus Tanjung, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provsu Dr Ir Hidayati dan Pejabat Eselon III Biro Pemerintahan Setdaprovsu Parlin.

Dalam kesempatan tersebut Wagubsu memaparkan di Sumatera Utara memiliki potensi yang akan dikerjasamakan seperti pada bidang ekonomi, industri, energi dan infrastruktur.

Saat ini lanjut Wagubsu bahwa Pemprovsu sedang fokus pada pengembangan kabupaten/kota yang ada di Sumatera Utara yang memiliki begitu banyak potensi namun belum tersentuh. “Dengan kata lain belum ada kerjasama dengan investor. Seperti Nias,” ujar Nurhajizah.

Oleh karenanya Nurhajizah menawarkan kepada pemerintah Tiongkok untuk dapat melakukan kerjasama dan berinvestasi di Sumatera Utara terkhusus di Kabupaten Nias. “Kenapa Nias, karena potensi laut dan wisatanya cukup indah namun belum tersentuh,” sebut Nurhajizah.

Dalam waktu dekat ini Pemprovsu akan melakukan pengembangan terhadap kabupaten Nias. Guna menunjang pengembangan tersebut Pemprovsu akan mengembangkan bandar udara Binaka yang merupakan Bandar Udara di kabupaten Nias. “Perlu dikembangkan untuk meningkatkan kunjungan wisata domestik maupun internasional ke daerah tersebut,” kata Nurhajizah.

Menanggapi tawaran itu Konjen Tiongkok Sun Ang mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan survei ke daerah tersebut.

Karena sebelumnya pihak Tiongkok telah melakukan survei di beberapa daerah di Provinsi Sumatera Utara. “Kabupaten Nias kami sudah pernah dengar, namun belum pernah ke sana,” katanya

Untuk itu pihaknya mengharapkan untuk dapat memperoleh informasi yang ada terkait potensi yang ada di kabupaten Nias. Disampaikannya bahwa pihak Tiongkok datang ke Provinsi Sumatera Utara untuk membicarakan dan berdiskusi tentang bidang apa-apa saja yang dapat dikerjasamakan dan berinvestasi.

“Diharapkan Ibu Wagubsu dapat memberikan informasi agar nantinya pihak Tiongkok menyampaikan dan dapat mengajak para pengusaha dari Tiongkok untuk berinvestasi,” ujar Sun Ang.(erris)

Related posts

Leave a Comment