Komunitas Vario Independent Club Medan (VIC Medan)

komunitas vario independent medan

TOPMETRO.NEWS – Sebagaimana kita ketahui Vario merupakan nama yang dibuat oleh Honda untuk generasi motor jenis matik atau skuter matik yakni motor yang bertransmisi otomatis. Motor ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2006, dan merupakan pelopor motor matik Honda.

Pada tahun 2010 Honda Vario menjadi pemenang Best Performance & Handling Kategori Skutik 110 – 115 cc di Otomotif Award. Dan ditahun 2015 Vario telah menggunakan teknologi ESP atau Enhanced Smart Power, yang dinobatkan sebagai teknologi mesin sepeda motor terbaik kategori Best Engine dalam ajang Otomotif Award. Dalam perjalanannya Honda Vario telah dibuat dalam beberapa model diantaranya:

Generasi Pertama Honda Vario (2006-2013)

Honda vario generasi pertama merupakan skuter otomatis berpendingin cair pertama yang beredar dalam pasar skuter matik Indonesia. vario beberapa kali mengganti striping tetapi tidak melakukan perubahan pada body dan mesin dan Honda Vario cukup diminati oleh masyarakat Indonesia.

Generasi Kedua Honda Vario Techno 110 (2009-2013)

Honda Vario Techno 110, dengan tampilan baru dan memperkenalkan sistem Combination Brake System disingkat Combi-Brake System atau CBS. CBS adalah sistem pengereman bersamaan dengan otomatis saat rem belakang diaktifkan, CBS tidak aktif saat mengerem hanya dengan rem depan.

Generasi Ketiga Dari Honda Vario PGM 125 FI ( 2012 – 2014 )

Generasi ketiga Honda Vario menghadirkan mesin dan tampilan yang berbeda dengan Honda Vario generasi sebelumnya. Dilengkapi dengan mesin 125 cc dengan pendinginan cair, injeksi Programmable-Fuel Injection (PGM-FI) dan fitur-fitur lainnya. Honda Vario Techno 125 menjadi pilihan banyak masyarakat Indonesia. Honda Vario Techno 125 hadir dalam varian CBS dan non-CBS

Tidak lama setelah diluncurkan, Astra Honda Motor meluncurkan Honda Vario Techno 125 dengan Idling Stop System (ISS), sistem yang diperuntukan untuk menghemat bahan bakar, mesin mati secara otomatis setelah 3 detik berhenti. Honda Vario Techno 125 ISS hanya tersedia dengan varian CBS, untuk saat ini varian non-CBS belum tersedia.

Honda Vario FI yang diluncurkan PT Astra Honda Motor (AHM) di bulan April 2014 memiliki banyak perbedaan dari sebelumnya, mulai dari desain, dimensi, sasis hingga mesin. Khusus sektor mesin, Vario FI disokong teknologi yang berbeda dari pendahulunya. Berbeda dengan Honda Vario sebelumnya, Honda Vario FI tidak memiliki radiator sehingga mesin Vario FI mirip dengan Scoopy FI dan BeAT FI yaitu menggunakan pendingin udara.

Pengguna Honda Vario cukup banyak di Kota Medan ini, sehingga dengan adanya rasa kebersaman dari para pemilik motor matik ini, maka dibentuklah sebuah komunitas yang diberi namaVario Independent Club Medan (VIC Medan) yang merupakan wadah bagi pemilik motor Honda Vario di kota Medan, komunitas ini mulai dibentuk pada tanggal 17 September 2014, saat ini jumlah anggota yang terdaftar sudah mencapai 52 orang, dan akan terus bertambah seiiring berjalannya waktu.

VIC Medan berada dalam naungan paguyuban Vario Nusantara (PVN) yang berpusat di Jakarta dan Paguyuban Vario Sumut Aceh (PAVASUMEH) yang berpusat di Medan. PVN merupakan wadah seluruh club Vario di seluruh Indonesia, mulai dari sabang sampai merauke. Sedangkan PAVASUMEH adalah wadah club Vario untuk daerah tertentu seperti Sumut dan Aceh.

Untuk skala daerah seperti kota Medan, VIC Medan juga bergabung dalam ABS (Asosiasi Bikers Sumut) yang berpusat di Kota Medan dan bekerjasama secara langsung dengan Satlantas Kota Medan, dan juga ikut bergabung dalam Bikers Of Suryanation (BOS) yang merupakan wadahseluruh Club sepeda motor di Kota Medan yang di bombing langsung oleh PT. Gudang Garam Tbk.

Selama berdirinya VIC, komunitas ini sudah melakukan kegiatan-kegiatan seperti touring ke Sabang-Aceh (21/03/2017), Padang (02/07/2017), Lombok (20/02/2017), Kalimantan (08/09/2017), juga melakukan kegiatan sosial seperti Baksos gunung Sinabung (06/05/2017), mengunjungi panti Asuhan untuk memberikan santunan di Padang Bulan (6/5/2017), mengadakan Sahur on the road sambil memberikan sembako kepada tukang becak di Kota Medan (09/06/2017), membersihkan rumah ibadah (09/06/2017).

Bagi yang ingin bergabung, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi antara lain, harus memiliki Honda Vario (all varian) sepeda motor harus standar dan mengikuti kopdar selama delapan kali, mempunyai Sim C, menggunakan Helm, kaca spion, mentaati peraturan lalu-lintas, tidak terlibat kekerasan dan narkoba, safety. Untuk uang pendaftaran dipungut biaya Rp. 50.000 (mendapatkan pinchor serta sticker member dengan melalui proses, Baju PDH Rp.145.000,- (diberikan apabila sudah menjadi member resmi) dan untuk uang iurannya dikenakan Rp 20.000,- perbulan.

Mengenai ketertarikannya dengan Honda Vario ada beberapa alasan yang mereka berikan, seperti Riski (Humas VIC Medan) dalam wawancaranya dengan wartawan top metro (24/10/2017) di depan Telkom indihome, dia mengatakan,” saya tertarik membeli Vario, karena minyaknya irit, bentuknya ramping dan stylist, saya bergabung dengan komunitas ini karena ingin menambah teman.” Ucapnya.

Ditempat yang sama Tommy (Pendiri VIC Medan) mengatakan,” vario merupakan motor genre, pria dan wanita bisa pakai dan terkadang orang tua saya pakai juga, saya beli Vario sejak tahun 2010, selama saya memakai vario banyak hal yang sudah saya lakukan seperti ikut touring ke Sabang pada bulan September 2016, Pekan Baru dan Padang pada bulan Januari 2016. Selama pejalanannya saya tidak mendapakan hambatan yang berarti.” Ujarnya.

Benk (Ketua) selanjutnya ditempat yang sama juga mengatakan,” awalnya saya tertarik dengan Vario karena konsumsi bahan bakarnya yang sangat irit, Karena saya menggunakan Vario 110i fuel injection, dan motor tersebut sangat pas dengan postur tubuh yang saya miliki, apalagi untuk di jalanan Kota Medan yang macet ini sangat sesuai menggunakan Vario.”

Untuk harapannya kedepan selanjutnya Benk mengatakan,” Semoga club ini semakin maju, berkembang dan terkenal ke penjuru Nusantara dan bertahan sampai anak cucu kami.” Pungkasnya.” (Herryansyah)

Susunan pengurus

Pendiri : Tommy

Penasehat : Fikri Ananda, Bagus Sumita

Ketua : Bambang Aditya (Benk)

Wakil Ketua : Ady Aquino

Sekretaris : Fahri

Wakil Sekretaris : Fahrul

Bendahara : Shinta

Div Keanggotaan : Muhammad Ari, Imam

Div Touring : Rifani Aulia, Roby Akbar

Div Humas : Rizqi Kurniawan, Bayu

Div Olah Raga : Fadil

Div Sosial & kreatif : Rani

Alamat Sekretariat : Cafe H. Muhiddin, Jl Merak Ringroad

Related posts

Leave a Comment