Awas! Jalan Lintas Medan-Tanah Karo Longsor

TOPMETRO.NEWS – Intensitas hujan di wilayah Sumatera Utara cukup tinggi beberapa hari terakhir ini, sehingga banyak kawasan yang rawan terjadi bencana. Kali ini kawasan Sibolangit atau tepatnya di Jalan Jamin Ginting persisnya di sekitaran Lau Kaban Tirtanadi, Desa Sibolangit, Kecamatan Sibolangit Deliserdang terjadi longsor hingga kebadan jalan. Akibatnya, arus lalu lintas Medan-Tanah Karo macet total, Selasa (21/11/2017) sekira pukul 19.00 WIB.

Pantauan dilapangan, arus lalulintas baik menuju ke Tanah Karo mau pun sebaliknya mengalami kemacetan yang cukup panjang, sehingga banyak pengendara kembali putar arah.

Camat Sibolangit Amos F Karo-Karo saat dihubungi melalui selulernya mengatakan, longsor terjadi dikawasan Lau Kaban Tirtanadi, namun dalam kejadian tersebut tidak ada menelan korban mau pun kendaraan yang tertimpa.

“Saat ini kita masih di loaksi untuk melakukan pembersihan material longsor, dan kita juga menghimbau pengendara agar bersabar dan tidak saling mendahului. Sebab kendaraan pengangkut material lalu lalang untuk membersihkan badan jalan,” ujar Amos.

Sementara itu, Kapolsek Pancurbatu Kompol Choky Sentosa Meliala Sik, SH mengatakan, “Saat ini personil sudah di lapangan untuk pengaturan lalulintas dibantu masyarakat sekitar. Ini untuk mengantisipasi kemacetan semakin panjang, kita mengarahkan pengendara untuk menggunakan kantong parkir yang ada, sampai arus lalulintas kembali normal,” ujar Choky.

Dijelaskan Choky lagi, material tanah dan batu akibat longsor sempat menutup badan jalan di Lau Kaban (Tirtanadi) dan arus lalulintas sempat macet, tapi saat ini tim masih dilapangan untuk membersihkan material longsor tersebut.

Dia pun mengingatkan supaya masyarakat agar menunda perjalanan atau mencari jalan alternatif ketika hendak melewati lokasi itu pada saat hujan turun. Pasalnya lokasi itu sudah berulang kali terjadi longsor.(TM/07)

Related posts

Leave a Comment