Robert Pakpahan Duduki Posisi Dirjen Pajak

Robert Pakpahan Duduki Posisi Dirjen Pajak

TOPMETRO.NEWS Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi akan memasuki masa pensiun pada 1 Desember 2017. Pemerintah dikabarkan sudah menetapkan penggantinya.

Kabar yang beredar, Menteri Keuangan Sri Mulyani telah menyerahkan nama pengganti Ken kepada Presiden Joko Widodo, dan telah disetujui. Sosok itu Robert Pakpahan. Dia menjabat sebagai Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan.

Namun saat dikonfirmasi, Sri Mulyani enggan berkomentar mengenai kabar tersebut ketika dikonfirmasi.

“Maaf, saya tidak mau komentari rumor,” kata dia, Kamis (23/11).

Dia juga enggan berkomentar mengenai proses pemilihan Dirjen Pajak yang baru. Pemilihan pejabat baru bisa dilakukan melalui dua skema yaitu penunjukkan langsung dan seleksi. Namun dia mengaku proses pemilihan dilaksanakan seperti biasa yaitu melalui disampaikan kepada Presiden dan Tes Potensi Akademik.

Menurut dia, pemerintah akan memberikan keterangan setelah Presiden menetapkan Dirjen Pajak yang baru. Keputusan Presiden nanti akan disampaikan kepada Menteri Keuangan.

Sekadar diketahui, Robert Pakpahan lahir di Tanjung Balai tahun 1959. Sejak 2015, dia menjabat sebagai Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan.

Dia juga pernah menjabat Direktur Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan pada 2013-2015.

Robert Pakpahan menyelesaikan pendidikan Diploma IV di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara tahun 1987. Dia melanjutkan pendidikan tingkat doktoral di bidang ekonomi di University of North Carolina at Chapel Hill, Amerika Serikat.(tmn)

Related posts

Leave a Comment