Pernikahan Kahiyang Ayu Siregar-Bobby Nasution, Raja Adat ‘Manortor’ Semalam Suntuk

Pesta adat Kahiyang - Bobby, Para Raja Akan Manortor Semalam Suntuk Kahiyang Ayu br Siregar-Bobby Afif Nasution TOPMETRO.NEWS - Pesta pernikahan putri Presiden Jokowi Kahiyang Siregar - Bobby Nasution di aula resespsi Bukit Hijau Regency, Taman Setia Budi Indah, Medan, yang digelar hingga Minggu (26/11) dipastikan bakal meriah. Para raja-raja adat bakal manortor (menari) semalam suntuk. Para raja adat akan berkumpul malam harinya guna memanjatkan doa untuk kebahagiaan Kahiyang-Bobby, yang diakhiri dengan manortor atau menari secara bergantian, sampai Sabtu (25/11) pukul 08.00 pagi, semalam suntuk. Demikian dikatakan Doli Sinomba Siregar, paman Bobby Nasution kepada wartawan, Jumat (24/11/2017). Dijelaskan Doli, acara adat yang akan dipenuhi dengan Harojoan, Notoras, Suhut, Anak Boru, dan Raja-Raja ini akan dibuka oleh tokoh adat Nasution. Selanjutnya, manyantan gordang sambilan dan gonda, membuka galang-galang atau manortor bagian pertama, mangaloalo mora di balakka sitolu-tolu. Usai salat Jumat, acara dimulai kembali dengan marlongit yang diisi oleh Harajoan Mandailing dan Harajoan Tabagsel. Ini akan berlangsung selama empat jam, mendekati kumandang azan Maghrib. “Pada bagian ini, ada yang namanya sidang adat atau maralok-alok. Ini untuk membicarakan bagaimana kelanjutan dari acara untuk malam hari dan hari selanjutnya. Setelah itu akan ada acara tortor dari suhut, anak boru, sampai pihak raja-raja. “Kalau ada pihak dari Kahiyang yang mau ikut serta menari tortor, akan kita persilakan,” ucapnya. Manortor kedua atau Margalanggang inilah yang akan berlangsung semalam suntuk. Dari pukul 20.00 Wib sampai pukul 08.00 Wib pagi esok harinya, yang mana kemudian masih dilanjutkan dengan manortor ketiga dan seterusnya.(tmn)

TOPMETRO.NEWS – Pesta pernikahan putri Presiden Jokowi Kahiyang Siregar – Bobby Nasution di aula resepsi Bukit Hijau Regency, Taman Setia Budi Indah, Medan yang digelar hingga Minggu (26/11) dipastikan bakal meriah. Para raja-raja adat akan manortor (menari) bersama selama semalam suntuk.

Para raja adat akan berkumpul malam harinya guna memanjatkan doa untuk kebahagiaan Kahiyang-Bobby, yang diakhiri dengan manortor atau menari secara bergantian, sampai Sabtu (25/11) pukul 08.00 pagi, semalam suntuk.

Demikian dikatakan Doli Sinomba Siregar, paman Bobby Nasution kepada wartawan, Jumat (24/11/2017).

Dijelaskan Doli, acara adat yang akan dipenuhi dengan Harojoan, Notoras, Suhut, Anak Boru dan Raja-Raja ini akan dibuka oleh tokoh adat Nasution.

Selanjutnya, manyantan gordang sambilan dan gonda, membuka galang-galang atau manortor bagian pertama, mangaloalo mora di balakka sitolu-tolu.

Usai salat Jumat, acara dimulai kembali dengan marlongit yang diisi oleh Harajoan Mandailing dan Harajoan Tabagsel. Ini akan berlangsung selama empat jam, mendekati kumandang azan Maghrib.

“Pada bagian ini, ada yang namanya sidang adat atau maralok-alok. Ini untuk membicarakan bagaimana kelanjutan dari acara untuk malam hari dan hari selanjutnya. Setelah itu akan ada acara tortor dari suhut, anak boru, sampai pihak raja-raja.

“Kalau ada pihak dari Kahiyang yang mau ikut serta menari tortor, akan kita persilakan,” ucapnya.

Manortor kedua atau Margalanggang inilah yang akan berlangsung semalam suntuk. Dari pukul 20.00 Wib sampai pukul 08.00 Wib pagi esok harinya, yang mana kemudian masih dilanjutkan dengan manortor ketiga dan seterusnya.(tmn)

Related posts

Leave a Comment