Medan Baru Jadi Percontohan Pengelolaan Sampah

TOPMETRO.NEWS – Permasalahan sampah di Kota Medan hingga saat ini masih belum mampu terberdayakan dengan maksimal. Dibeberapa Kota di Indonesia, sampah sudah menjadi primadona baik untuk meningkatkan pendapatan warga dan alat tukar dalam bertransaksi.
Pemanfaatan sampah di Medan kini mulai digalakkan, salah satunya yang dilakukan Camat Medan Baru Ilyan Chandra Simbolon.

Anggota Komisi D DPRD Medan, H.Ilhamsyah.SH mengapresiasi langkah Camat Medan Baru ini dan patut dijadikan contoh oleh kecamatan lain.

“Kita mengapresiasi langkah Camat Medan Baru. Ini adalah inovasi yang patut dicontoh oleh kecamatan lain,” terang Ilhamsyah yang didaulat memberikan sambutan mewakili Komisi D DPRD Medan, dalam launching Bank Sampah di Kecamatan Medan Baru, akhir pekan kemarin.

Dibentuknya Bank Sampah oleh Camat Medan Baru, kata Ilhamsyah, merupakan terobosan yang sangat bagus mengingat pengelolaan sampah di Medan kini sudah dikembalikan ke Kecamatan.

“Pengelolaan sampah yang diserahkan ke Kecamatan langsung direspon dengan Bank Sampah, ini adalah salah satu terobosan yang sangat bagus,” jelasnya.

Ketua Fraksi Golkar ini meyakini, Bank Sampah bisa menjadi solusi yang bagus untuk Camat di Kota Medan yang kini dibebani pengelolaan sampah oleh Pemko Medan.

“Bank Sampah adalah salah satu solusi, selain nantinya bisa menyelesaikan masalah sampah, Bank Sampah juga sudah terbukti dapat meningkatkan pendapatan masyarakat,” jelasnya.

Terkait permasalahan ini, Ilhamsyah mengatakan pihaknya akan menyampaikan permasalahan ini dalam rapat di Badan Anggaran DPRD sehingga program yang baik ini bisa mendapat dukungan dari APBD.

“Program ini akan menjadi perhatian kita dan akan kita sampaikan di pembahasan KUA PPAS APBD 2018 mendatang,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Ilhamsyah meminta Pemko Medan mengirimkan camat di Kota Medan untuk study banding ke daerah-daerah, sehingga mereka bisa memiliki wawasan yang luas soal program program yang ada.

“Selama ini Pimpinan SKPD yang kera melakukan kunjungan, sekarang kita minta camat juga bisa dipasilitasi untuk melakukan kunjungan ke luar daerah,” jelasnya.

Terpisah, Camat Medan Baru Ilyan Chandra Simbolon mengatakan program Bank Sampah di Kecamatan Medan Baru ini baru digalakkan sekitar dua bulan lalu.

“Sekarang sudah ada 17 Bank Sampah tersebar di seluruh Kecamatan Medan Baru,” jelas Ilyan.
Dijelaskannya, sampai dengan saat ini nasabah 17 Bank Sampah yang ada kira kira ada 20-an nasabah setiap bank sampah.

“Warga sudah banyak tertarik dengan program sampah ini, dimana mereka bisa mendapatkan uang dengan mengumpulkan sampah,” jelasnya.

Guna mendukung keberlanjutan program ini, Ilyan Simbolon mengatakan pihaknya menggandeng berbagai pihak, salah satunya pegadaian dimana “sampah bisa menjadi emas”.

“Ada program sampah menjadi emas dimana warga nantinya menabung di Pegadaian,” jelasnya.(TM/04)

Related posts

Leave a Comment