Kota Tebing Tinggi Dilanda Banjir Bandang, 21.080 Jiwa Terkena Dampak

TOPMETRO.NEWS – Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara, dilanda banjir bandang, Sabtu (2/12/2017). Setidaknya, 21.080 jiwa terdampak dalam peristiwa ini. Banjir disebabkan intensitas curah hujan yang tinggi di hulu.

Kepala BPBD Kota Tebing Tinggi, Wahid Sitorus menuturkan banjir terjadi mulai pukul 03.00 WIB, meliputi 22 kelurahan yang berada di 5 kecamatan.

Kelima kecamatan yang terkena dampak banjir yaitu Kecamatan Tebing Tinggi Kota, Bajenis, Padang Hulu, Padang Hilir, dan Rambutan. Ketinggian air bervariasi, mulai dari 50 centimeter hingga 2 meter.

“Laporan bencana banjir hingga pukul 17.30 WIB, total keseluruhan (yang terdampak) 5.985 KK atau 21.080 jiwa,” terang Wahid.

BPBD Kota Tebing Tnggi saat ini telah menyalurkan bantuan berupa beras, mi instan, dan roti. Korban yang terdampak juga sudah dievakuasi menggunakan perahu karet.

Saat ini BPBD berkoordinasi dengan Tagana, Dinas Sosial, kepolisian, dan Satpol PP. Saat ini, bantuan yang dibutuhkan warga yang terdampak yakni makanan siap saji.

“Pasokan air bersih memanfaatkan fasilitas-fasilitas dari bangunan yang tidak terkena banjir karena masyarakat saling bekerja sama dan saling menolong,” ungkap Wahid.(TM/REL)

Related posts

Leave a Comment