Oli Bekas Ternyata kurang Bagus Untuk Rantai Motor

TOPMETRO.NEWS – Usia rantai sepeda motor akan lebih pendek apabila sering terkena air, debu tanpa adanya perawatan yang diberikan. Air disebutkan dapat membuat rantai mengalami korosi dan debu dapat menyebabkan rantai cepat kendur.

Perawatan paling mudah untuk mencegah hal tersebut terjadi adalah melumasi rantai motor dengan pelumas rantai. Namun, banyak pengendara atau bengkel lebih memilih menggunakan oli mesin bekas untuk melumasi rantai yang justru membuat rantai motor cepat kendur.

“Penggunaan oli bekas itu tidak disarankan, karena dapat membuat rantai motor lebih cepat kendur dan melar. Lebih baik rantai motor itu menggunakan pelumas rantai dan hindari penggunaan oli bekas,” kata Service Advisor R Series, Adit kepada VIVA.co.id.

Selain itu, Adit menyebutkan bila penggunaan oli bekas dapat membuat komponen rantai cepat rusak. “Penggunaan oli bekas itu dapat merusak komponen-komponen yang ada di rantai, seperti O-ring. Sehingga rantai motor itu harus menggunakan pelumas tersendiri,” ujarnya.

Dengan kata lain, awalnya ingin berhemat dengan menggunakan oli bekas justru akan membuat kerugian. Namun, jika masih berat untuk menyisihkan dana untuk membeli pelumas rantai khusus sebenarnya ada beberapa trik. Salah satunya menggunakan minyak goreng atau minyak sayur. (TMN/Uz)

 

Related posts

Leave a Comment