Pemanduan Keberbakatan Cabang Olahraga Tahun 2017, Wujudkan Prestasi Atlet di “Golden Age”

TOPMETRO.NEWS – Seperti diketahui bersama bahwa untuk memacu pembangunan di bidang keolahragaan perlu dilakukan pembinaan dan pengembangan olahraga secara berjenjang dan berkesinambungan demi terwujudnya prestasi atlet pada golden age sesuai dengan tatanan usia.

“Rencana untuk pembibitan dan pembakatan olahraga adalah suatu sistem pembinaan yang mengkoordinasikan berbagai program pembinaan menjadi satu sistem tabg terpadu sehingga pencapaian prestasi maksimal pada golden age tersebut dapat tercapai,” ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara (Kadispora Sumut) H Baharuddian Siagian SH MSi saat membuka Pemanduan Keberbakatan Cabang Olahraga Tahun 2017 di Hotel Saka Premiere, kemarin malam.

Disebutkannya, keberhasilan program pembinaan atlet sejak tatanan usia dini sangat tergantung kepada tekad dan kemauan semua pihak yang terkait dan mau peduli terhadap peningkatan prestasi atlet, karena atlet berprestasi tidak lahir secara instan, melainkan dibentuk sejak mereka usia dini.

Menyahuti permasalahan tersebut maka Dispora Sumut telah berupaya untuk meningkatkan SDM pelatih/instruktur pelatih usia dini agar memiliki wawasan ilmu pengetahuan dan pemahaman terhadap teknologi yang semakin terus berkembang, sehingga pembinaan olahraga dapat maju seiring dengan perkembangan zaman.

Dengan diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan peserta dapat meningkatkan improvisasi dan wawasan pelatih. Mari ikuti seluruh rangkaian pelatihan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab, agar hasil yang diperoleh selama pelaksanaan kegiatan ini dapat meningkatkan partisipasi para pelatih olahraga dalam melakukan pembakatan olahraga sejak usia dini dan dapat mengaplikasikan hasil kegiatan ini dilingkungan kerja masing-masing dengan baik dan benar.

“Kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras sehingga kegiatan ini dapat terselenggara, saya ucapkan terima kasih semoga apa yang kita kerjakan bermanfaat bagi kemajuan olahraga khususnya di sumut,” tegas Kadispora H Baruddian Siagian SH MSi, ketika mengakhiri sambutannya.

Sebelumnya Ketua Panitia Joni Siahaan dalam laporannya mengatakan tujuan penyelenggaraan kegiatan adalah untuk meningkatkan, pemahaman dan penguasaan materi untuk dapat dilaksanakannya pemantauan maupun pemanduan terhadap kemampuan anak sejak usia dini hingga sesuai dengan keberbakatan yang dimilikinya.

Selanjutnya meningkatkan kesadran para pelatih tentang pentingnya peranan keberbakatan demi menghasilkan atlet yang bermental paten dan juara, serta menguasai pendekatan dan metode pelatihan yang efektif demi menghasilkan atlet berbakat dan berprestasi yang berkelanjutan.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 13 s/d 15 Desember 2017 bertempat di Hotel Saka Premiere Jalan Gajah Mada Medan, diikuti tenaga keolahragaan berjumlah 40 orang dari pengprov/organisasi keolahragaan.

Hasil yang diharapkan terciptanya pelatih, maupun pemandu bakat yang memiliki kemampuan dan pemahaman keilmuan tentang keberbakatan olahraga sehingga dapat menghasilkan atlet Sumut Paten.(TM/YOFE)

Related posts

Leave a Comment