Gubsu Jamu Peserta Konferensi DMDI & Jambore Remaja Masjid ASEAN

Tengku Erry Jamu Peserta Konferensi DMDI & Jambore Pemuda Remaja Masjid ASEAN

TOPMETRO.NEWS – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menjamu peserta konferensi Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) dan peserta Jambore Pemuda Remaja Masjid se-ASEAN di rumah dinas (Gubernuran) Jalan Jenderal Sudirman Medan, Rabu (13/12/2017).

Usai jamuan makan malam dan ramah-tamah, Tengku Erry membuka Jambore Pemuda Remaja Masjid se-ASEAN di halaman Gedung Serbaguna Pemprov Sumut di Jalan Pancing Medan. Sementara konferensi DMDI berlangsung di Hotel JW Marriott Medan, Kamis (14/12/2017).

Dalam kesempatan itu, Tengku Erry mengajak peserta asal berbagai negara yang hadir pada konferensi ke-18 Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) dan pesrta jambore menjadikan Sumatera Utara seperti berada rumah sendiri.

Sumatera Utara telah lama menjadi anggota DMDI bermula saat mantan Gubernur Sumatera Utara Almarhum Tengku Rizal Nurdin dengan Ketua Menteri Malaka Dato Ali Rustam melakukan kerjasama antara dua negara serumpun khususnya Sumatera Utara dan Malaka sekitar tahun 1998.

‘’Sehingga Almarhum Tengku Rizal Nurdin dan Dato Ali Rustam termasuk pendiri DMDI. Waktu berjalan demikian cepat Dato Ali Rustam telah menjadi senior. Dan DMDI hari ini telah berkembang di lebih 20 negara di dunia ini,’’ jelas Tengku Erry.

Provinsi Sumatera Utara adalah salah satu provinsi yang memiliki penduduk terbesar ke empat di Indonesia dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Dengan jumlah penduduk kurang lebih 14 juta jiwa, terdiri dari 33 kabupaten/kota.

‘’Selamat datang di Sumatera Utara yang berbilang kaum dan multietnis, yang hidup rukun dan damai ini,‘’ ucap Erry.

Erry juga tak bisa menyembunyikan rasa bahagianya karena provinsi Sumatera Utara dipercaya menjadi tuan rumah konferensi ke-18 DMDI tahun 2017. “Mudah-mudahan selama di Sumut peserta dapat menikmati berbagai keindahan di Sumatera Utara. Kalau di Medan hanya dua rasa makanan, yakni enak dan enak sekali,” ucap Erry yang disambut tawa dan tepuk tangan peserta yang hadir.

Sementara, Presiden DMDI dan Ketua Menteri Malaka Tan Sri H. Mohd Ali bin Mohd Rustam mengatakan bahwa dirinya cukup terkejut dengan perkembangan Sumatera Utara di bawah pimpinan Gubsu Dr Ir HT Erry Nuradi MSi.

“Kepada yang pertama kali datang ke Medan, terperanjat juga tengok Medan ya, dibawah pimpinan Bapak Erry Nuradi banyak perubahan,” sebutnya.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang telah bersedia menjadi tuan rumah konvensi ke-18 DMDI.

Disampaikannya tiba di Sumatera Utara di JW Marriott, Majelis DMDI telah mengadakan pertemuan Majelis Tertinggi DMDI dan juga pertemuan Majelis Agung DMDI. Dan direncanakan malam ini setelah makan malam akan mengadakan Jambore Belia DMDI yang akan diikuti beribu orang belia.

Esoknya akan mengadakan konferensi yang akan membicarakan 3 isu. Salah satunya tentang halal industri. “Kita mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang selama ini mendukung segala kegiatan DMDI,” ujar Presiden DMDI.

Selanjutnya Gubernur bersama rombongan juga hadir membuka Jambore Pemuda Remaja Masjid se-Asean di halaman Gedung Serbaguna Sumut di Jalan Pancing. Dalam arahannya, Erry berpesan kepada para pemuda aga menjadikan momentum ini untuk saling silaturahim dan berbagi cerita dan pengalaman. Sebab meskipun berbeda negara, namun pada intinya disatukan dalam konteks keIslaman.

“Remaja Islam (Masjid) harus bisa menjadi panutan, tauladan dan contoh baik bagi orang lain. Apalagi sekarang masalah narkoba, kenakalan remaja, pergaulan bebas dan hal negatif lainnya,” ucap Erry.

Pembukaan kegiatan Jambore ini pun dihadiri sejumlah negara yang menjadi bagian dari konferensi DMDI yang digelar di Sumatera Utara.(Erris)

Related posts

Leave a Comment