Ribuan Warga Antusias Ikuti Car Free Day Perdana 2017

Advertisement

TOPMETRO.NEWS – Ribuan warga dari seluruh penjuru Kota Medan dengan penuh antusias mengikuti Car Free Day (CFD) perdana tahun 2017 di Lapangan Merdeka  Medan, Minggu (12/3).

Selain dimeriahkan serangkaian kegiatan olahraga, warga juga bisa mengikuti senam jantung sehat. CFD ini merupakan kegiatan rutin yang digelar pemerintah sebagai bentuk sosialisasi untuk mengajak masyarakat mengurangi tingkat polusi udara yang disebabkan oleh asap kendaraan bermotor.

CFD diawali dengan pelepasan sepeda santai yang dilakukan Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi bersama Dandim 0201/BS, Kol Inf Bambang Herqutanto didampingi Kadis Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Medan, Mara Husin Lubis SH dengan mengambil start di Jalan Pulau Penang.

Para peserta sepeda santai ini berkeliling mengitari Kota Medan dengan menempuh jarak sekitar 10 Km.

Setelah itu Wali Kota bersama Dandim memantau pelaksanaan senam jantung sehat yang dipusatkan di Lapangan Merdeka. Jumlah peserta yang mengikuti senam ini terus bertambah, terutama dari kalangan dewasa dan orang tua. Mereka dengan penuh semangat mengikuti gerakan yang dipandu sejumlah instruktur senam jantung sehat ini merupakan kegiatan rutin yang digelar Pemko Medan bekerjasama dengan Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Sumatera Utara.

Tampaknya warga mulai menyadari akan penting dan manfaat dari mengikuti senam jantung sehat yang terus digelorakan Wali Kota bersama Ketua TP PKK Kota Medan sekaligus Ketua YJI Cabang Sumut, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin.

Tak bosan-bosannya Wali Kota bersama sang istri mengajak seluruh warga Kota Medan untuk mengikuti senam jantung sehat setiap Minggu pagi di Lapangan Merdeka.

“Senam jantung ini sangat penting untuk kesehatan jantung. Jika rutin mengikutinya, insya Allah jantung kita akan sehat. Sebab, seluruh gerakan dari senam ini untuk memperlancar peredaran darah dalam tubuh.

Jika peredaran darah lancar, kecil kemungkinan kita terkena penyakit jantung. Jadi mari kita rutin mengikuti senam jantung ini,” kata Wali Kota.

Selanjutnya Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengatakan, Minggu ini CFD kembali digelar. Dengan demikian masyarakat dapat kembali berkumpul dan melakukan berbagai kegiatan olahraga di seputaran Lapangan Merdeka.

“Selain mengajak masyarakat untuk gemar berolahraga, melalui kegiatan CFD ini, kita juga ingin mensosialisasikan kepada masyarakat agar mengurangi polusi yang disebabkan asap kenderaan bermotor. Melalui CFD ini, kita berharap polusi udara dapat diminimalisir sehingga warga Kota Medan dapat menikmati udara yang bersih dan sehat,” ungkapnya.

Selain itu mantan Wali Kota dan Sekda Kota Medan ini tak lupa, mengingatkan warga untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

Jika warga mau melakukannya dengan ikhlas dan sepenuh hati, Eldin optimis warga Kota Medan akan terbebas dari penyakit yang timbul akibat kotornya lingkungan tempat tinggal.

Usai mengikuti senam jantung sehat, warga tidak langasung pulang. Ada beristirahat sejenak untuk melepaskan rasa lelah, ada juga warga  memanfaatkan momen itu untuk saling bersilaturahmi sambil menikmati rangkaian kegiatan olahraga lainnya seperti joging, atraksi ketangkasan sepeda BMX, sepatu roda, hula hop maupun menyaksikan komunitas sepeda ontel.

Selama CFD ini berlangsung, seputaran Lapangan Merdeka ditutup petugas Satlantas Polrestabes Medan dan Dinas Perhubungan Kota Medan mulai pukul 06.00 sampai 10.30 WIB.

Hal itu dilakukan agar kawasan itu steril dari asap kenderaan bermotor dan warga benar-benar mendapatkan udara yang sehat sambil berolahraga bersama anggota keluarganya.

Sementara itu Kadispora Kota Medan, Mara Husin Lubis SH mengatakan, kualitas pelaksanaan CFD akan terus mereka tingkatkan setiap pekannya agar masyarakat yang mengikutinya semakin banyak lagi. Sebagai salah satu terobosan yang dilakukan, Mara Husin mengatakan nilai hadiah  akan diberikan kepada peserta CFD melalui lucky draw dipenghujung acara akan ditingkatkan lagi.

“Selama ini setiap minggu pelaksanaan CFD digelar, kita selalu membagi-bagikan hadiah kepada para peserta melalui lucky draw. Namun untuk pelaksanaan CFD tahun ini, pembagian hadiah akan kita lakukan di pekan terakhir setiap bulannya.

Artinya, hadiah kita bagikan sebulan sekali. Ini sengaja kita lakukan agar hadiah diberikan lebih menarik dan memberikan manfaat bagi masyarakat menerimanya,” jelas Mara Husin.

Pelaksanaan perdana CFD di tahun 2017 ini berlangsung meriah. Selain kegiatan olahraga dan senam jantung, Satlantas Polrestabes Medan juga menyediakan taman edukasi bagi anak-anak berusia 4 tahun ke atas. Selain bermain, anak-anak juga mulai sejak dini diajarkan dan diperkenalkan mengenai rambu-rambu lalu-lintas sehingga mereka mengetahui fungsi maupun manfaatnya masing-masing.(Zal/TMN)

 

 

 

 

Advertisement

Related posts

Leave a Comment