Komunitas Scorpio Family Medan (SFM)

Top metro.News – Scorpio merupakan motor yang dibuat oleh Yamaha, Scorpio awal mula dipasarkan di Indonesia tahun 2002, motor yang dikenal dengan nama Scorpio Gen 1 atau generasi pertama, sering dikenal juga dengan sebutan Scorpio P. Scorpio P memiliki ciri khas tangki bentuk kotak, kapasitas 12 liter.

Generasi berikutnya adalah Scorpio Gen 2 atau Scorpio G. Cirinya hampir sama dengan Gen 1, tangki bensin masih kotak, kapasitas juga masih 12 liter, mesin juga masih built-in Jepang, pilihan warna tetap hitam namun merah dan silver diganti dengan orange dan biru.

Generasi awal scorpio yang diproduksi pada tahun 2002 sampai 2004 sudah memakai CDI unlimiter sehingga mesin dapat berputar pada RPM tinggi. Ukuran pilot jet 17,5  sedang Scorpio generasi berikutnya ukuran 15

Scorpio generasi selanjutnya adalah Scorpio Z. Sering disebut juga Scorpio Z Gen 1. Ciri-ciri yang dimiliki adalah tangki berbentuk membulat, kapasitas tangki bertambah menjadi 13,5 liter. Yamaha Scorpio Z edisi 2005 hadir dengan tangkinya yang lebih sporty, modern dan gagah dan lampu depan dirubah bentuknya menjadi bulat.

Lalu Scorpio selanjutnya adalah Scorpio Z Gen 2 yang merupakan generasi ke empat yang muncul pada tahun 2006 akhir. dengan tangki berbentuk bulat dengan kapasitas tangki 14 liter, pada generasi ini mesin sudah mulai banyak yang dibuat di Indonesia dan sudah built in, juga AIS (Air Induction System) untuk memenuhi uji emisi euro II. Scorpio Z Gen 2

Scorpio generasi kelima atau Scorpio Z gen 3 sama dengan yang Gen 2 namun kapasitas tangki menjadi 13 liter, mesin sama dan sudah full material dibuat di Indonesia. Hanya saja yang beda dari versi ini adalah pada warna knalpot dilabur warna hitam, dan juga tersedia versi velg casting wheel dan spoke wheel untuk versi ini.

Generasi selanjutnya dari Scorpio series adalah New Scorpio Z. Scorpio versi ini tangkinya dibuat lebih besar dan membungkuk dengan kapasitas tangki 13 liter. Lampu depan sudah tidak bulat lagi, namun agak kotak dan terdapat lampu senja kecil yang terpisah di atasnya. Model ini diperkenalkan tahun 2010, dengan perubahan total ini maka motor ini diberi nama New Scorpio Z era 2010-2013. Dimana desainnya nampak lebih macho lagi dan gagah, untuk urusan spesifikasi mesin nyaris tidak ada bedanya dengan generasi sebelumnya,

Tahun 2014 Yamaha secara resmi menghentikan produksi motor Yamaha Scorpio, pada edisi terakhir ini diberi nama Scorpio King, Yamaha meluncurkan edisi special Scorpion King sebanyak 1000 unit. Dengan bentuknya yang elegan dan dengan paduan warna mesin hitam dan gold titanium membuat scorpio lebih enak dipandang mata.

Walaupun sudah tidak diproduksi lagi, namun ada sebuah komunitas yang masih menaruh perhatiannya pada motor scorpio ini, komunitas ini bernama Scopio Family Medan (SFM).

Scorpio Family Medan berdiri pada tanggal  11 Nopember 2011, yang di gagas oleh Bro Ewin kalajengking, Bro  Rahmad, Bro Aji dan Bro Novan, komunitas ini berdiri berdasarkan hobi dan kekeluargaan, untuk jumlah anggotanya semua saat ini ada 20 orang saja, hal ini disebabkan karena komunitas ini mengutamakan safety riding.

Untuk menjadi anggota Scorpio Family Medan ada beberapa syarat yang harus di penuhi diantaranya:

1. Harus memiliki unit motor Scorpio.

2. Untuk uang pendaftaran gratis, iuran mingguan Rp 10.000,-

3. Melengkapi surat-surat kendaraan dan memiliki SIM C.

4. Melengkapi kendaraan dengan kelengkapan yang standar, seperti kaca spion dll.

5. Mentaati peraturan lalu lintas

6. Safety riding, tidak ugal-ugalan

Susunan Pengurus:

1. Pembina : Ir Rahmad

2. Penasehat : Ewin Kalajengking

3. Ketua : Rio

4. Sekjen : Ewin Kalajengking

5. Bendahara : Ir Rahmad

6. Humas : Prayogi

7. Kadiv Touring : Surya

8. Kadiv Usaha : Aconk

9. Anggota :Kodok, Joko, Fadli,

Alamat Sekretariat :

1.  Jl Sentosa lama no 11 A.

2. Vetpur Raya Komplek Veteran Blok C. No. 14 Lau Dendang.

Kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan:

1. Menghadiri acara HDCI di Lapangan Benteng

2. Touring ke Sergei dan Sowan ke club TMC Teluk Mengkudu

3. Mendampingi Bikers Johor Malaysia mengelilingi Danau Toba

4. Menghadiri acara sosialisasi anti Narkoba bersama BNN di lapangan Merdeka

5. Menghadiri acara halal bil halal Vespa bersama Ijeck di Stabat

6. Nonton bareng moto GP bersama Ijeck di Cemara Asri

7. Kopdar sekaligus donor darah I di PMI

8. Donor darah II di PMI

9. Donor darah III di PMI

10. Menghadiri acara HDCI di Lapangan Benteng bersama club yang tergabung dalam AMPO

11. Menghadiri acara Kopdargab Bikers Sumatera yang ke 8 di P Siantar

Ada beberapa alasan mengapa mereka sangat menyukai motor Scorpio dan bergabung dengan SFM, diantaranya ‘Ewin’ (Penasehat/Sekjen SFM), dalam wawancaranya dengan wartawan top metro di sekretariatnya 5 Desember 2017 mengatakan,

” saya mempunyai motor Scorpio 225 cc untuk kelas sport, yang dibeli pada tahun 2011 dengan harga 21 juta. Motor ini enak untuk dipakai dan bisa digunakan untuk apa saja, baik untuk touring, balap maupun Adventure bahkan sangat keren untuk di modifikasi. Untuk bahan bakarnya cukup irit.”

Mengenai bergabungnya dengan komunitas ini Ewin menambahkan bahwa komunitas ini merupakan komunitas yang bertujuan untuk pemilik sepeda motor Scorpio, jadi menurutnya ini cocok dengan keinginannya , dengan bergabung dengan SFM, maka akan menambah persaudaraan lagi untuknya.

Di tempat yang sama Rio  ketua SFM  menyatakan,

” saya beli Scorpio sekitar 5 tahun yang lalu dengan harga 15 jutaan (second hand), saya suka dengan motor ini karena mesinnya bandel, dengan mesin 225 cc motor ini mampu menjawab kebutuhan saya untuk touring dan berpetualang kemana saja. Saya bergabung dengan komunitas ini dengan tujuan untuk menambah persaudaraan selain itu untuk menambah pengetahuan saya tentang motor Scorpio, mulai dari suku cadangnya baik yang baru maupun bekas, begitu juga dengan maintenancenya.”

Selanjutnya Ir Rachmad,  Pembina SFM mengatakan,

” saya membeli motor ini dengan harga 20 jutaan pada tahun 2007, saya suka dengan bodinya yang sporty dan mumpuni untuk track di kebun, sebagai salah seorang pendiri dari komunitas SFM, saya sangat senang dengan mereka yang ingin bergabung dengan komunitas ini, karena dengan demikian akan bertambah lagi persaudaraan diantara pemilik Scorpio. Untuk kedepannya saya harapkan SFM bisa lebih mempererat lagi tali silaturahmi dengan club-club yang ada di Nusantara, khususnya Sumatera Utara, dan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.”

(TM Herryansyah)

Related posts

Leave a Comment