Bupati Sergai Awali Pendataan Coklit Pilgubsu

Bupati Sergai

topmetro.news – Bupati Sergai Ir H Soekirman menerima kujungan jajaran Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) yang akan melakukan pendataan pencocokan dan penelitian (Coklit) Nasional Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam rangka Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tahun 2018. Pendataan itu dilakukan di kediaman Bupati Jalan Coklat Kelurahan Batang Terap Kecamatan Perbaungan, Sabtu 20 Januari 2018.

Jaga Kekompakan

“Saya sebagai Bupati Sergai juga sebagai masyarakat yang telah terdata berharap pendataan coklit ini dapat sinkron dan dicocokkan kembali antara lain warga yang meninggal dunia, pindah dan sebagainya sehingga didapatkan data yang akurat untuk selanjutnya kita imbau agar beramai-ramai datang ke TPS guna menggunakan hak suaranya pada Pilgubsu tahun ini. Kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kekompakan serta kekondusifan daerah walau berbeda pilihan, karena dari tahun ke tahun, Sergai selalu sukses menggelar pemilihan umum dengan aman, tertib dan lancar,” pungkas Bupati Sergai.

Untuk Singkronisasi

Sementara Ketua KPUD Sergai Ir Muhammad Rizwan, MP mengatakan Coklit ini bertujuan mendata penduduk yang belum terdata untuk disinkronisasi agar dapat diserahkan kepada PPDP sebagai Daftar Pemilih Tetap pada Pilgubsu Tahun 2018 dan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia yang mengadakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mulai hari ini hingga tanggal 18 Pebruari mendatang.

Coklit Pertama

Ketua KPU menambahkan untuk pelaksanaan Coklit Nasional di Sergai pertama kali dilakukan dengan mendata Ir H Soekirman beserta keluarga yang terdaftar pada Kartu Keluarga.

Adapun pendataan yang tertera pada tanda bukti pendaftaran pemilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2018 meliputi data Kepala Keluarga, alamat, Nomor TPS, serta nama pemilih, terang Rizwan.

Gerakan Coklit Serentak digelar di 444 Kecamatan, 6.110 Desa, 27.464 Tempat Pemungutan Suara (TPS), kurang lebih 878.708 pemilih pemula, serta DP4 sebanyak 10.537.925 jiwa se-Sumut. Gerakan Coklit ini melibatkan 74 personil dari KPU Sumut, 165 personil KPU Kabupaten/Kota, 2.215 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), 18.330 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan 35.469 orang PPDP.

Selain Bupati Ir. H. Soekirman dan keluarga, turut didata dalam kegiatan ini Wakil Bupati (Wabup) Darma Wijaya, Ketua DPRD H. Syahlan Siregar, ST, Anggota DPRD, Tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pendidikan serta pengurus Partai Politik.(TMD.004)

Related posts

Leave a Comment