Cara Olahraga Pagi yang Benar dan Simpel untuk Mengecilkan Perut

olahraga pagi

Topmetro.news – Banyak orang yang melakukan olahraga pagi untuk mengecilkan perut, namun tidak tahu cara melakukannya dengan benar. Akibatnya, seharian badan terasa pegal-pegal dan kondisi fisik menurun. Hal ini tentu saja tidak diinginkan karena dapat mengganggu aktivitas pada siang hari.

Tidak hanya untuk mengecilkan perut, olah raga pagi juga sangat baik untuk memperkuat system kekebalan tubuh. Bahkan, olahraga di pagi hari akan menjadikan kondisi tubuh lebih bugar, sehingga anda akan lebih bersemangat dalam menjalankan aktivitas hingga sore hari.

Agar semua manfaat olahraga pagi tersebut bisa didapatkan, tentu saja anda harus mengetahui cara yang benar seperti persiapan, pemilihan waktu, dan memilih jenis olahraga yang cocok untuk anda. Berikut beberapa tips olahraga pagi yang benar dan simple untuk mengecilkan perut :

Mulailah dari jam 6 pagi

Waktu terbaik untuk memulai olahraga pagi adalah pada jam 6 pagi. Selain karena hawanya masih sejuk (tidak terlalu dingin atau panas), kondisi udara pada jam 6 pagi akan menyehatkan organ paru-paru. Manfaatnya anda akan terhindar dari gangguan pernapasan.

Tentukan berapa lama waktu anda melakukan olahraga pagi.

Waktu ideal melakukan olahraga pagi adalah antara 20 menit hingga 60 menit. Bagi anda yang bekerja, lakukan olahraga pagi selama 20 menit. Ini akan menjadikan tubuh anda lebih bugar dan terhindar dari kelelahan saat bekerja. Jika anda tidak harus bekerja dipagi hari dan punya waktu luang, lakukan olahraga pagi selama 60 menit.

Pilih jenis olahraga pagi yang sesuai dengan kondisi fisik anda

Mengetahui kondisi fisik anda sebelum berolahraga sangatlah penting. Sebab kondisi fisik anda sangat berperan dalam menentukan jenis olahraga yang akan dilakukan. Jika anda tidur terlalu larut atau baru sembuh dari sakit, sebaiknya pilih jenis olahraga ringan seperti jogging ringan atau bersepeda santai. Kedua jenis olahraga ini juga sangat ampuh untuk mengecilkan perut.

Awali dengan Makanan ringan dan minum air putih.

Banyak orang yang beranggapan bahwa sebelum melakukan olahraga tidak boleh makan. Padahal, makan makanan ringan yang mudah dicerna tubuh sangat dianjurkan sebelum berolahraga. Jenis makanan terbaik yang dapat dikonsumsi sebelum olahraga pagi adalah pisang. Buah pisang dapat dengan cepat dicerna oleh tubuh dan diolah menjadi energi. Selain itu, satu buah pisang mampu menyediakan magnesium, karbohidrat, serta kalium yang bermanfaat bagi anda.

Mengkonsumsi satu buah pisang dan minum segelas air putih sangat dianjurkan sebelum melakukan olahraga pagi.

Lakukan pemanasan sebelum berolahraga

Melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga pagi hukumnya wajib. Coba anda bayangkan, setelah semalaman otot tubuh beristirahat dan tiba-tiba anda langsung memaksanya lari keliling komplek, tentu otot-otot akan kaget. Hal ini dapat menyebabkan anda terkena kram atau bahkan pusing.

Lakukan pemanasan sekitar 5 – 10 menit sebelum melakukan olahraga pagi dengan gerakan sederhana seperti yang pernah dipelajari disekolah.

gerakan pemanasan olahraga pagi
Gerakan pemanasan ringan yang dapat dilakukan sebelum memulai olahraga pagi

Lakukan Sit Up, Push Up dan Squad Untuk Mengecilkan Perut

Sit Up merupakan olahraga khusus untuk membakar kalori dan lemak yang berada di perut. Dengan melakukan Sit-up setiap pagi setelah pemanasan dapat mengecilkan perut dan membentuk otot-otot dibagian perut.

Push Up dan squad juga dapat membantu membakar kelebihan lemak di perut. Sedapat mungkin, usahakan agar kuantitas Sit Up, Push Up dan Squad yang anda lakukan selalu bertambah setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

Sekali waktu Selingi dengan Berenang

Jenis olahraga lain yang dapat mengecilkan perut tanpa harus mengeluarkan keringat adalah berenang. Jika anda belum bisa berenang, sebaiknya segeralah belajar. Karena berenang adalah salah satu olahraga yang melibatkan hampir seluruh anggota tubuh sehingga proses pembakaran kalori akan lebih cepat terjadi.

Berenang di pagi hari sangat efektif untuk menurunkan berat badan dan membuat perut menjadi lebih ramping secara alami. Tidak hanya itu, dengan melakukan olahraga renang secara rutin dua kali seminggu, dapat menurunkan berat badan dan membentuk tubuh menjadi lebih ideal.

Itulah beberapa tips melakukan olahraga pagi yang benar dan simple untuk mengecilkan perut dan menurunkan berat badan. Dengan melakukannya secara rutin, dapat mengecilkan perut yang buncit dalam waktu singkat. (TM-RED)

Sumber gambar : Google

Related posts

Leave a Comment