Keren…!!! Kapal Listrik Wisata Bakal Beroperasi di Danau Toba

Kapal Listrik Wisata

topmetro.news – Benarkah kapal listrik wisata bakal beroperasi di Danau Toba? PT PLN (Persero) wilayah Sumatera Utara bekerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya telah mengembangkan kapal listrik wisata di kawasan wisata Danau Toba. Ternyata program itu dibuat juga karena Pemerintah Pusat menetapkan Danau Toba sebagai destinasi wisata prioritas. Terlebih Danau Toba pun menjadi objek yang seksi bagi para investor. Tak hanya perusahaan swasta, tetapi perusahaan BUMN pun melirik dan ikut serta dalam pengembangan Danau Vulkanik terbesar se Asia Tenggara itu.

General Manager PLN Wilayah Sumut, Feby Joko Priharto, mengatakan, pengembangan kapal listrik itu sangat sesuai dengan wisata alam yang harusnya menggunakan teknologi ramah lingkungan.

“Kita ada wacana menciptakan kapal. Biasanya kan kapal motor, kenapa enggak dicoba kapal pakai listrik. Kan Geopark,” kata Feby di Kota Medan, Jumat (26/1/2018).

Untuk mewujudkan wacana itu kata Feby, pihaknya akan melakukan studi terlebih dahulu di kawasan Danau Toba. Studi tersebut akan dilakun dengan menggandeng universitas ternama di Tanah Air.

“Tahun ini kita coba, kita gandeng ITS. Kenapa ITS bukan USU, karena mereka expert soal kapal,” paparnya.

Rampung Tahun Ini

Dengan kapal listrik tersebut, terangnya, tentu akan lebih meminimalisir polusi. Ia pun menegaskan, wacana ini bukan hanya isapan jempol belaka. “Kita siap dan komit. Kalau tidak bisa rampung tahun ini, kita buat prototipe,” tegasnya.

Selain kapal listrik, pihak PLN juga akan membangun sejumlah infrastruktur penunjang kehadiran kapal tersebut. Infrastruktur yang dimaksud adalah, Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU).

Sebelumnya, PLN Wilayah Sumut memang sudah ikut serta dalam pengembangan Danau Toba. Berbagai hal sudah di lakukan di kawasan sekitar Danau Toba seperti, Program Listrik Desa, pengembangan Desa Wisata Sigapiton, dan kegiatan lainnya.(tmn)

sumber: spiritriau

Related posts

Leave a Comment