Ini Penyebab Ubanan Padahal Usia Masih Muda

Advertisement

TOPMETRO.NEWS – Apa penyebab ubanan walaupun usia masih muda. Diketahui ada sebuah molekul yang terdapat di dalam makanan laut berwarna merah justru dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah uban.

Menurut Dr Iyer Balasubramaniam Krishnaswami, MBBS, seorang Medical Adviser asal India, astaxanthin mengandung antioksidan tertinggi dan dapat ditemukan dalam udang, kepiting, ikan salmon, dan ganggang merah.

“Astaxanthin ini merupakan molekul yang banyak ditemukan pada hewan laut. Molekul ini membantu seseorang untuk bertahan hidup lebih lama,” jelas dr Iyer dalam temu medi di kawasan Bogor, Jawa Barat.

Seperti dilansir dari okezone.com, meski vitamin A memiliki kandungan antioksidan yang baik, tetapi kelebihan mengonsumsinya dapat menambah pertumbuhan radikal bebas atau oksidan dalam tubuh. Ia menjelaskan astaxathin tidak sama dengan konsumsi vitamin A. Mengonsumsinya dalam jangka waktu lama tidak menimbulkan efek samping.

Bila Anda menemui seseorang dengan rambut yang beruban di usia muda, ini salah satu penyebab ia kurang mengonsumsi antioksidan, dr Iyer menjelaskan. Uban secara spesifik disebabkan oleh hidrogen peroksida.

“Hidrogen peroksida ini termasuk oksidan yang menyebarkan “racun” di rambut. Jadi, fungsi untuk menetralkan hidogen peroksida dan mencegah rambut tidak terjadi ubanan,” terang dr Iyer.

Mencegah tumbuhnya uban mungkin terbilang mudah, Anda bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung astaxathin. Selain itu, Anda juga bisa rutin makan makanan laut dengan warna dasar merah, karena kandungan astaxathin yang mampu menangkal oksidan di dalam tubuh.(TMN)

 15 total views,  1 views today

Advertisement

Related posts

Leave a Comment