Dua Bulan Tugas, Dubes Xiao Qian Temui Tengku Erry

topmetro.news – Baru bertugas dua bulan di Indonesia, Dubes RRT untuk Indonesia, Mr Xiao Qian menemui Gubsu Tengku Erry Nuradi di Kantor Gubsu, Rabu (31/1/2018) sore. Sumut dipilih sebagai lokasi kunjungan kehormatan dan provinsi pertama di luar Jawa, dalam rangka membahas tindak lanjut kerjasama pimpinan kedua negara RRT dan Indonesia.

“Menindaklanjuti kerjasama antar dua negara dimana kedua pemimpin negara sudah mencapai kesepakatan kerjasama, maka saya sebagai dubes bertugas melaksanakan kerjasama dimaksud. Sumatera Utara adalah provinsi yang sangat potensial, karenanya saya memilih Sumut sebagai provinsi pertama di luar Jawa untuk dikunjungi,” ucap Xiao Qian.

Dalam pertemuan itu, Gubsu didampingi Staf Ahli Binsar Situmorang, Kepala Bappeda Irman, Kepala Biro Otda Basyarin Tanjung, Kepala Badan Otorita Danau Toba Arie Prasteyo, dan lainnya.

KEMBANGKAN INVESTASI

Gubsu Tengku Erry Nuradi pada kesempatan itu lantas menawarkan dan memaparkan berbagai peluang investasi kepada Dubes RRT untuk dapat ditawarkan kepada investor dari RRT.

“Banyak proyek-proyek potensial yang bisa digarap oleh investor di antaranya pengembangan dan pembangunan hubungan internasional Pelabuhan Laut Kuala Tanjung, pengembangan kawasan aerotropolis Kualanamu, Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei, Kawasan Industri Kualantanjung, pengembangan Airport Sibisa, pembangunan Taman bunga di sekitar kawasan Danau Toba, pembangunan jaringan kereta api Pematang Siantar-Parapat, dan Siantar-Rantaunprapat-Duri-Dumai,” ucap Gubsu.

Selain itu, lanjutnya, ada juga proyek pembangunan jalan Tol Tebingtinggi-Pematangsiantar dan Tebingtinggi-Rantauprapat-Kuala Tanjung, perluasan Airport Kualanamu, perluasan Airport Sibolga, perluasan Airport Silangit, ‘waste energy’ Medan, pembangunan LRT di Medan, dan pengembangan wisata kawasan Danau Toba.

Gubsu juga berharap terjadi peningkatan kunjungan wisman asal RRT ke Sumut. “Banyak wisman asal Tiongkok ke Singapura dan Malaysia. Padahal jarak Singapura atau Malaysia ke Medan kurang dari satu jam penerbangan. Sehingga sangat dimungkinkan turis Tiongkok yang datang ke Singapura atau Malaysia meneruskan lawatannya ke Sumut,” ujar Tengku Erry.

Dubes Xiao Qian mengaku tertarik dengan berbagai rencana proyek yang disebutkan Gubsu dan berniat menindaklanjutinya. Dia menyebutkan pihaknya membutuhkan data-data yang lebih detil lagi untuk dapat ditawarkan kepada investor dari RRT.

Selain itu, Dubes RRT juga menyambut baik tawaran Gubsu untuk membuat penerbangan langsung dari RRC ke Sumut. Diakuinya potensi wisata ke Sumut cukup besar dan ia berniat mempromosikan Sumut sebagai destinasi wisata bagi pelancong asal negaranya. Termasuk mendorong penerbangan langsung RRT-Sumut. (TM-ERRIS)

Related posts

Leave a Comment