Tips Gunakan LPJ, Ini Imbauan Pertamina untuk Masyarakat

Tips Gunakan LPJ

topmetro.news – Tips gunakan LPJ dengan baik dan benar hingga aman, PT Pertamina (Persero) mengeluarkan imbauan untuk masyarakat pengguna. Sehingga resiko terhadap insiden terkait penggunaan LPG 3 kg dapat diminimalisir.

Hal ini disampaikan Dian Hapsari Firasati, Unit Manager Communication & CSR di Jakarta. Salah satu kemungkinan terjadinya kebakaran akibat penggunaan LPJ 3 Kg disebabkan ruangan yang terlalu tertutup sehingga tidak ada sirkulasi udara yang cukup.

“Untuk itu kami kembali mengajak masyarakat untuk lebih memperhatikan penggunaan LPG yang baik dan benar,” kata Dian kemarin.

Ventilasi yang Cukup

Dian menjelaskan, salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam menggunakan LPG 3 Kg, kondisi ruangan yang sebaiknya memiliki ventilasi yang cukup. “Dengan sirkulasi udara yang baik, maka apabila ada gas yang keluar maka bisa langsung menuju udara bebas,” ujarnya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk keamanan penggunaan LPG yang pertama memastikan kompor dan tabung LPG diletakkan di ruangan dengan sirkulasi dan ventilasi udara yang baik, sebelum memasang tabung pastikan seal atau karet penyekat sudah terpasang dengan benar dan pastikan tidak rusak/sobek, selang harus terpasang erat dengan penjepit regulator maupun kompor serta pastikan selang tidak tertindih atau tertekuk.

Periksa Kondisi Selang

Terpenting, katanya, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan Pertamina mengimbau masyarakat untuk memeriksa kondisi selang, krem, valve dan regulator secara berkala.

Selain itu tentunya prinsip kehati-hatian dalam memasak, seperti tidak meninggalkan proses memasak dengan kompor menyala. Apabila terjadi kebocoran, Pertamina mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan melakukan beberapa langkah berikut yaitu cabut regulator dari tabung, tutup valve dengan kain basah dan bawa tabung keluar ruangan serta diletakkan ke tempat terbuka.

”Jangan menyalakan api atau listrik saat terjadi kebocoran gas serta jangan menaruh stop kontak dekat kompor. Kami harap kejadian serupa tidak terjadi kembali dan kita sama-sama sebagai masyarakat dapat saling peduli untuk mengingatkan dan membudayakan mementingkan keamanan dalam penggunaan LPG.” (tmn)

sumber: kontan

Related posts

Leave a Comment