Gunung Sinabung Meletus di Karo

gunung sinabung meletus

topmetro.news – Gunung Sinabung meletus di Kabupaten Karo Senin pukul 09.53 WIB. Letusannya lebih besar dari erupsi sebelumnya. Hal itu dikatakan petugas Pengamat Gunung Sinabung di Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) M Nurul Saori.

Letusan pertama pukul 08.53 WIB cukup kuat sehingga memunculkan semburan awan panas hingga 5.000 meter lebih, lalu disusul beberapa erupsi dengan intensitas lebih rendah menurut Nurul.

“Alat ukur kita sempat error karena cukup tinggi,” kata Nurul mengenai letusan pertama Gunung Sinabung.

Semburan awan panas akibat erupsi gunung api tersebut menyebar hingga 4,9 km ke arah selatan dan 3,5 km ke arah timur dan tenggara gunung. Sementara debu vulkaniknya terbang ke arah dan barat sesuai arah tiupan angin saat itu.

Meski erupsinya cukup besar, PVMBG tidak mencatat adanya penambahan pengungsi atau korban.

“Situasinya masih aman karena areanya telah steril,” kata Nurul Asrori.

Jangan Beraktivitas di Radius 3 Km

Sementara itu Moh Nurul Asrori, A.Md, KESDM, menambahkan warga dan pengunjung/wisatawan jangan melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak, dan dalam jarak 7 km untuk sektor selatan-tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor tenggara-timur, serta di dalam jarak 4 km untuk sektor utara-timur G. Sinabung. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di G. Sinabung agar tetap waspada terhadap potensi bahaya lahar.

”Mengingat telah terbentuk bendungan di hulu Sungai Laborus maka penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sekitar hilir daerah aliran sungai Laborus agar tetap menjaga kewaspadaan karena bendungan ini sewaktu-waktu dapat jebol karena tidak kuat menahan volume air sehingga mengakibatkan lahar/banjir bandang ke hilir,” kata Nurul Asrori.

BPBD Kabupaten Tanah Karo segera melakukan sosialisasi ancaman bencana lahar/banjir bandang ini ke penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sepanjang hilir dan sekitar Sungai Laborus.(tm-o1/tmn)

Video Letusan Gunung Sinabung 19 Februari 2018

Kami menerima beberapa video amatir proses meletusnya Gunung Sinabung dari masyarakat setempat. Berikut beberapa video yang kami terima :

Letusan Gunung Sinabung dilihat dari Berastagi

 

Letusan Gunung Sinabung dilihat dari Kabanjahe

Related posts

Leave a Comment