Rupiah Melemah ke Posisi Rp13.525 per Dolar AS

rupiah melemah

topmetro.news – Nilai tukar Rupiah dalam transaksi antarbank Senin pagi turun 10 poin menjadi Rp13.525 per dolar AS dari Rp13.515 per dolar AS. Pergerakan nilai tukar Rupiah mendatar dengan kecenderungan melemah. Sebagian pelaku pasar uang masih bertahan dalam aset berdenominasi Rupiah menyusul ekonomi AS juga relatif kurang kondusif.

Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada mengatakan salah satu faktor yang membuat apresiasi Dolar AS terbatas, munculnya kekhawatiran pasar mengenai neraca berjalan dan defisit anggaran Amerika Serikat yang membuat sebagian pelaku pasar tetap waspada dalam memegang aset Dolar AS.

Relatif Tertahan

Ekonom Samuel Sekuritas Ahmad Mikail di Jakarta menambahkan pergerakan Dolar AS relatif tertahan karena data penjualan ritel Amerika Serikat yang melemah pada Januari tahun ini, dan defisit anggaran Amerika Serikat yang meningkat disertai turunnya pembelian obligasi AS oleh Tiongkok dan Jepang.

Dari dalam negeri, kata dia, nilai tukar rupiah dapat bergerak stabil dengan adanya kenaikan impor nasional yang menandai kebangkitan industri yang membuat investor yakin akan perbaikan pertumbuhan ekonomi Indonesia. (tmn)

sumber: antara

Related posts

Leave a Comment