Gaji Pegawai Indomaret Kalahkan Bank, Gubernur BI No Comment

topmetro.news – Gaji pengawai Indomaret, swalayan, pasar modern di sejumlah daerah ternyata lebih tinggi dibanding gaji karyawan yang bekerja di bank. Bahkan masih ditemukan gaji mereka yang masih dibawah standar Upah Minimum Provinsi (UMP). Sayangnya Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo terkesan no comment terhadap persoalan ini.

“Nanti ya, nanti malah aku salah ngomong,” ujar Agus di Jakarta, Rabu (21/2/2018).

Agus yang ditanya wartawan malah irit bicara, usai menyampaikan kuliah umum di Perbanas Institute Jakarta.

Sekadar diketahui gaji pegawai bank di wilayah Depok (Jawa Barat) justru lebih rendah dari pekerja di sektor pasar modern seperti supermarket dan sejenisnya.

Baru-baru ini Prana Rifsana, Ketua Umum Serikat Pekerja Bank Permata Tbk menyampaikan gaji pekerja perbankan di beberapa daerah masih di bawah standar Upah Minimum Provinsi (UMP). Di Kota Depok, sebut serikat pekerja itu, para pekerja perbankan dan jasa perdagangan ditetapkan sebesar Rp 3,69 juta per bulan.

Angka ini lebih rendah ketimbang gaji pekerja di sektor pasar modern maupun supermarket yang ditetapkan Rp 3,98 juta per bulan. Upah pegawai bank pun, tambah Prana Rifsana, jauh di bawah gaji pekerja di sektor kimia dasar, industri kimia organik, energi maupun logam yang mencapai Rp 4,17 juta per bulan.

Agenda Advokasi

Prana Rifsana menegaskan pihaknya mengagendakan advokasi demi menuntut upah layak bagi para pekerja di sektor perbankan ini. Pihaknya menuntut kenaikan upah 30 persen di atas Upah Minimum Provinsi (UMP) yang ditetapkan pemerintah.

Prana Rifsana menambahkan, rendahnya upah yang diterima pegawai bank disebabkan minimnya keterlibatan serikat pekerja dalam penentuan upah. Pihaknya mengaku sudah berupaya berunding dengan sejumlah asosiasi perbankan seperti Persatuan Perbankan Nasional (Perbanas), Asosiasi Perbankan Syariah Indonesia (Asbisindo), dan Himpunan Bank Negara (Himbara).

Namun, pada setiap perundingan tidak satupun dari asosiasi yang merasa dapat mewakili perusahaan industri perbankan dalam merundingkan upah sektor perbankan itu. Kasus perbedaan gaji pegawai Indomaret dengan pegawai perbankan itu sempat viral di media sosial.(tmn)

sumber: tempo

Related posts

Leave a Comment