Stok Beras Sumut Aman, Ada Tambahan 10 Ribu Ton dari Thailand

stok beras sumut aman

Topmetro.news – Stok beras Sumut aman. Terlebih beras impor Sumut sudah tiba di Belawan sebanyak 10 ribu ton, Sabtu (25/2/2018). Sejatinya sesuai rencana awal, beras medium asal Thailand itu masuk ke Sumut 20 ribu ton dari total rencana 34 ribu ton. Namun baru bisa terealisasi 10 ribu ton.

Kepala Bulog Divre 1 Sumut, Benhur Ngkaimi mengatakan awalnya beras impor itu juga sudah masuk 17 Februari 2018, tapi akhirnya terealisasi 24 Februari. “Dengan masuknya beras impor, maka stok beras Bulog semakin aman,” katanya.

Kabid Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut, Misbah menyebutkan, beras impor itu dengan “broken” lima persen. “Disperindag semakin tenang karena beras impor itu dipastikan menguatkan stok beras di Sumut.”

Harga Pasar Stabil

Dengan stok yang banyak, ujar Misbah diharapkan bisa mempercepat stabilnya harga beras di pasar.

Sekadar diketahui harga beras di pasar Sumut hingga akhir pekan ini masih di kisaran Rp10.500 – Rp11.000 per kg. Harapannya, harga beras medium bisa kembali di angka normal di kisaran Rp9.500 per kg.

Sementara itu 10 ribu ton beras impor asal Thailand yang sudah tiba di Pelabuhan Belawan, kemarin kini masih ditumpuk di gudang penimbunan menunggu intruksi dari Jakarta (Bulog Pusat). ”Apa yang diinstruksikan Bulog Pusat maka segera dilaksanakan.” (tmn)

sumber: antara

Related posts

Leave a Comment