10 Langkah Mudah Merawat Kecantikan tubuh

merawat kecantikan tubuh

Topmetro.news – Berbicara tentang kecantikan tubuh berarti bicara tentang kesehatan kulit dan bentuk tubuh yang proporsional. Namun, sebahagian wanita lebih cenderung memaknai kecantikan tubuh hanya sebatas memiliki kulit tubuh yang putih dan bersih. Sehingga perawatan yang dilakukan hanya terfokus pada perawatan kulit dan melupakan usaha untuk membentuk tubuh menjadi lebih ideal.

Sebenarnya merawat kecantikan tubuh dapat dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Hanya dengan merubah kebiasaan sehari-hari anda akan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal serta kulit yang cantik dan sehat. Ingin tau bagaimana cara melakukannya?

Mendapatkan kecantikan tubuh dengan cara mudah

Untuk mendapatkan tubuh yang ideal dan kulit yang indah berseri, Ikuti tips-tips dari pakar kecantikan dan kesehatan dibawah ini :

Lindungi kulit anda dari paparan sinar matahari langsung

Perlu anda ketahui bahwa selain memiliki manfaat, sinar matatahari juga mengandung 2 jenis radiasi ultraviolet yang berdampak buruk terhadap kulit dan tubuh. Kedua jenis radiasi sinar matahari ini diistilahkan dengan UVA dan UVB.

UVA adalah jenis radiasi yang dapat memperburuk efek karsigonik yang menyebabkan kanker. Sedangkan UVB adalah radiasi yang dapat menyebabkan kulit terbakar, berkerut, bersisik dan mempercepat proses penuaan.

Cara terbaik melidungi kulit dari paparan sinar matahari langsung adalah dengan menggunakan tabir surya. Tidak hanya itu, pilih tabir surya yang mengandung Sun Protection Faktor (SPF) dengan kode 15 atau lebih untuk memastikan tubuh dan kulit anda terlindungi secara maksimal. Selain itu, pilih tabir surya yang sesuai jenis kulit agar tidak memberikan resiko kerusakan lain pada kulit.

Mandi dengan Benar

Mandi sangat dianjurkan untuk kesehatan kulit dan tubuh. Setelah sibuk beraktifitas, kulit biasanya lebih cenderung mengalami dehidrasi. Mandi dengan cara yang benar dapat mengembalikan kondisi alami tubuh dan kulit anda setelah lelah beraktifitas.

Mandi dengan menggunakan air dingin lebih dianjurkan oleh pakar kesehatan dan kecantikan. Beberapa manfaat air dingin untuk kesehatan diantaranya : meningkatkan sirkulasi darah, mencegah rematik, meningkatkan energy dan meningkatkan daya tahan tubuh. Sedangkan untuk kecantikan air dingin bermanfaat untuk menjaga kelembaban dan kesegaran kulit, memelihara minyak alami pada kulit dan mengecilkan pori-pori.

Meskipun demikian, anda tidak dianjurkan untuk berandam terlalu lama didalam air dingin karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Selain itu, berendam air hangat sangat dianjurkan untuk relaksasi. Tapi ingat, hanya satu atau dua kali seminggu.

Hindari sabun yang berbusa

Selain berfungsi sebagai alat pembersih tubuh, sabun mandi juga memberikan efek harum pada tubuh. Sehingga muncul anggapan dibenak sebagian orang bahwa mandi harus menggunakan sabun. Parahnya lagi, sabun mandi yang tidak berbusa tidak dianggap sebagai sabun mandi.

Sodium Laulyle Sulfate (SLS) adalah bahan kimia yang digunakan pada sabun yang berfungsi unutk mengangkat kotoran dan minyak pada kulit. Bahan kimia ini biasanya digunakan untuk produk detergen, pasta gigi dan sabun mandi karena sifat pembersihnya yang sangat kuat. Selain itu, bahan kimia ini juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan busa yang banyak.

Tapi perlu anda ketahui bahwa SLS tidak dianjurkan untuk pemakaian jangka panjang karena dapat menyebabkan iritasi yang tinggi pada kulit. Sedangkan untuk penggunaan jangka pendek akan mengakibatkan kulit kering, gatal-gatal dan kemerahan pada kulit.

Untuk merawat kecantikan tubuh anda, sebaiknya hindari penggunaan sabun yang mengandung busa.

Hindari menggosok kulit

Selesai mandi, keringkan tubuh anda dengan cara menepuk tubuh dengan handuk, bukan menggosokkan handuk ketubuh. Kebiasaan menggosok handuk ketubuh akan menyebabkan elastisitas kulit anda berkurang. Apalagi jika anda menggosok handuk terlalu kuat.

Menepukkan handuk secara lembut ketubuh anda setelah selesai mandi akan memberikan efek terapi ringan pada kulit. Jika dilakukan setiap hari, kulit anda akan lebih kenyal dan kencang.

Gunakan Pelembab kulit

Jadikan memakai pelembab menjadi kebiasaan sehari-hari anda. Setelah selesai mandi dan menepuk lembut kulit Anda dengan handuk kering, sebaiknya gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit anda.

Pelembab berfungsi untuk membantu mengembalikan lapisan hidrolipid yang akan menutupi kulit epidermis Anda sehingga lebih tahan terhadap sengatan matahari.

Lindungi tubuh dari suhu dingin

Suhu udara yang dingin akan menyebabkan kulit anda menjadi sangat sensitif dan cenderung lebih kering. Oleh karena itu, sangat dianjurkan melindungi tubuh dengan pakaian yang hangat. Selain itu, perbanyaklah minum air putih agar kelembaban kulit tetap terjaga dan anda tidak dehidrasi.

Minum air putih yang cukup

Agar perawatan kecantikan tubuh anda maksimal, pastikan anda cukup mengkonsumsi air putih. Untuk mendapatkan kulit yang indah dan membentuk tubuh menjadi lebih idel tubuh Anda membutuhkan cairan dalam jumlah yang cukup.

Minum segelas air putih hangat saat bangun tidur sangat dianjurkan untuk memperbaiki system metabolism tubuh. Sistem metabolisme yang baik akan menghasilkan kulit yang sehat dan bentuk tubuh yang ideal.

Konsumsi makanan sehat dan seimbang

Diet sehat dan seimbang sangat dianjurkan untuk merawat kecantikan tubuh. Makanan sehat tidak hanya baik untuk tubuh Anda, tapi juga untuk kulit Anda.

Sebaiknya atur kembali menu makanan harian anda. Pastikan anda memasukkan buah dan sayuran kedalam daftar menu yang harus anda konsumsi setiap hari. Buah dan sayuran kaya akan anti oksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit anda.

Pastikan waktu tidur malam anda cukup

Waktu tidur malam yang cukup tidak hanya menjadikan tubuh anda lebih segar tapi juga menjadikan kulit lebih sehat dan berseri. Oleh karena itu, atur kembali waktu tidur anda agar kesehatan dan kecantikan tubuh anda tetap terjaga. Pastikan waktu tidur malam anda tidak kurang dari 7 jam setiap hari.

Hindari rokok

Merokok tidak hanya berdampak buruk untuk kesehatan tapi juga sangat buruk untuk kulit Anda. Asap rokok membuat kulit tampak kusam dan tidak bersemangat. Selain itu, merokok juga menyebabkan kulit menua dengan cepat.

Untuk mendapatkan kecantikan tubuh yang maksimal sebaiknya anda tidak merokok dan hindari kulit terpapar asap rokok.

Itulah 10 langkah paling mudah untuk merawat kecantikan tubuh anda. Cara ini dianggap paling mudah karena semua langkah diatas merupakan aktifitas rutin yang anda lakukan setiap hari. (TM-ART)

Related posts

Leave a Comment