Hari Ini, Pesepakbola Tertua di Dunia Berulang Tahun ke-51

pesepakbola tertua

topmetro.news – Tepat hari ini, pada Selasa (26/2/2018), merupakan hari yang bersejarah bagi pesepak bola tertua di dunia asal Jepang, Kazuyoshi Miura, bertambah usianya menjadi 51 tahun dan menyurutkan untuk tetap bersemangat bermain sepakbola. Dengan bertambahnya usia itu, Miura semakin menegaskan bahwa ia tetap tampil bermain sepakbola .

Saat ini, ia masih bermain untuk klub divisi dua Liga Jepang, Yokohama FC. Tak hanya pemain tertua di dunia, Miura juga dinobatkan sebagai pencetak gol tertua di dunia oleh Guinness World Record.

Meski demikian, belum ada tanda-tanda pemain kelahiran bakal gantung sepatu. Bahkan, pemain Jepang pertama yang merumput di luar negeri itu memperpanjang kontrak di klub Divisi II Liga Jepang Yokohama FC.

Miura mulai serius menggeluti sepak bola pada usia 15 tahun. Dia terbang ke Brasil dan menandatangani kontrak dengan Clube Atletico Juventus. Pada musim berikutnya dia bermain di Santos.

Miura kembali ke Jepang pada tahun 1990 untuk bermain dengan Yomiuri (kemudian menjadi Verdy Kawasaki). Pada tahun 1994, dia bergabung dengan klub Serie A Italia Genoa sebagai pemain pinjaman, yang menjadikannya sebagai pemain Jepang pertama yang menginjak rumput Serie A.

Setelah satu musim, dia menyelesaikan petualangannya di Italia dan kembali ke Jepang. Kemudian bergabung Dinamo Zagreb pada 1999, dan kembali ke Jepang untuk menandatangani kontrak dengan Kyoto Purple Sanga, lalu tahun 2001-2005 ke Vissel Kobe sebelum kembali ke Yokohama FC (2005).

Dipinjamkan ke Sydney FC

Sempat dipinjamkan ke Sydney FC, Miura kembali ke Yokohama FC, dan memperpanjang kontrak hingga 31 Desember 2018. Ini musim ke-33 Miura sebagai profesional. Musim 2017 dia mencatat 12 penampilan dan satu gol.

Pada Maret 2017, Miura memecahkan rekor dunia sebagai pemain tertua yang berlaga di ajang profesional. Pria kelahiran 26 Februari 1967 itu tampil melawan V-Varen Nagasaki pada usia 50 tahun tujuh hari. Catatan itu mematahkan rekor Sir Stanley Matthews.

Miura juga mematahkan rekor Matthews sebagai pencetak gol tertua pada Maret 2017. Pemain berjuluk King Kazu itu mencetak gol kemenangan Yokohama 1-0 atas Thespakusatsu Gunma.

J2 League sudah dimulai Minggu (26/2/2018), dan Miura berpeluang memecahkan rekor baru miliknya sebagai pemain tertua di liga profesional dan sebagai pecnetak gol tertua yang akan sulit dipecahkan pemain lain.

Meski saat ini sudah resmi berusia 51 tahun, King Kazu justru baru saja memperpanjang kontraknya bersama Yokohama FC.(TMN)

Related posts

Leave a Comment