You are here
Lolos Verifikasi, Stadion Teladan Layak Jadi Home Base PSMS Medan Olahraga 

Lolos Verifikasi, Stadion Teladan Layak Jadi Home Base PSMS Medan

topmetro.news – PSMS Medan akhirnya bisa bernafas lega. Pasalnya, Tim Verifikator PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang datang melakukan verifikasi final terhadap Stadion Teladan, pada Senin (26/2/2018), Stadion Teladan dinyatakan layak jadi home base PSMS Medan berlaga di Liga 1.

Berdasarkan penilaian tim verifikator, 16 item dinyatakan baik dan hanya satu item yang perlu penambahan, yaitu soal pencahayaan Stadion. Berdasarkan dari standar PT LIB untuk stadion Liga 1 harus memiliki lampu 800 lux, pada faktanya di lapangan Stadion Teladan hanya 500 lux saja. Tim Verifikator stadion PT LIB, memulai pengecekan sejak pukul 16.00 wib dengan memasuki satu persatu ruangan mulai dari kamar ganti pemain hingga malam hari berakhir pada pencahayaan stadion.

Tim Verifikator PT LIB, Surya Binaya menjelaskan, dalam dua kali kunjungannya ke Stadion Teladan sejak verifikasi awal 25 Januari 2018, terjadi perkembangan yang cukup baik.

Penambahan Lampu Stadion

“Dari apa yang kami sarankan ke manajemen (PSMS) dan manajemen menyampaikan ke Pemkot (medan) saat verifikasi awal, kami mengapresasi terutama Pak Kadis (Pertamanan) untuk membantu PSMS terkait penambahan atau kekurangan, juga upaya PSMS main di home. Kekurangan yang ada saat ini tinggal penambahan lampu stadion,” jelasnya kepada media, Senin (26/2/2018) malam.

“Layak (untuk main di Liga 1). Akan kami sampaikan ke manajemen (PT LIB) dengan hasil yang tadi. Secara verifikasi layak dengan catatan tinggal masalah lampu. Hasilnya (lolos atau tidak) akan diumumkan satu atau dua minggu setelah ini, atau sebelum kickoff,” ungkapnya.

Menurut Surya, meski verifikasi final, di beberapa stadion jika terdapat item yang perlu penambahan maka PT Liga pasti memberi waktu tambahan. “Nanti kami tidak kemari lagi (Teladan), tadi ada wakil dari Philips yang soal lampu. Mereka memiliki sertifikat, nanti mereka tinggal melaporkan ke kami setelah penambahan kekurangan lampu tadi,” timpalnya.

Selain lampu, sejatinya saat verifikasi papan score digital juga tidak terpasang. Namun, Surya menjelaskan hal tersebut oke, karena pihaknya sudah menerima gambar via whatsapp. “Saya sudah dikasih contoh tadi. (Digital score) harus dicopot, takut hilang katanya,” lanjutnya.

Rumput Belum Sempurna

Sedangkan soal rumput, dia menyebutkan belum sempurna namun bisa dikatakan standar untuk Liga 1. “Ketika kami lihat belum sempurna, jadi bagaimana Dinas Pertamanan merawat itu. Tinggal penyempurnaan, tadi belum dipotong masih nampak akar-akarnya, untuk standar liga oke,” tegasnya.

Sementara Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, M Husni yang ikut mendampingi Tim Verifikator PT LIB menjelaskan pihaknya akan segera menambah pencahayaan termasuk akan memasang enam lampu LED di sebelah timur. “Agar dibuat untuk pencahayaan bagian tengah,” ujar Surya. (TM-YOFE)

1.139 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment