Gempa Tektonik Guncang Banda Aceh, Masyarakat Diminta Tetap Tenang

gempa tektonik guncang banda aceh

Topmetro.news – Gempa tektonik berkekuatan M 4.3 mengguncang kota Banda Aceh hari ini, Jumat 2 Maret 2018 pukul 19:19:37 WIB.

Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi dengan posisi episenter pada koordinat 4.53 LU dan 94.82 BT, tepatnya di darat pada jarak 96 km Barat Daya Aceh Jaya-ACEH pada kedalaman 10 km.

Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan yang diperoleh dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Banda Aceh dengan intensitas gempabumi I SIG-BMKG (II MMI). Namun sampai saat berita ini diturunkan belum ada laporan kerusakan yang terjadi dari lapangan.

Masyarakat Diminta Tetap Tenang

Kepada masyarakat disekitar Banda Aceh, diminta agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertanggung jawab. Masyarakat juga diimbau untuk mengikuti arahan Pemerintah daerah melalui BPBD dan mengikuti perkembangan informasi gempabumi susulan dari BMKG

Dari hasil observasi BBMKG Wilayah I Medan, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal yang diakibatkan oleh aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia dengan lempeng Eurasia. (TM/red)

Related posts

Leave a Comment