Ilmuwan Amerika Selatan Temukan Katak Bercahaya

Advertisement

TOPMETRO.NEWS – Ilmuwan Brasil dan Argentina menemukan spesies katak pohon unik, dikatakan unik karena katak tersebut memancarkan warna yang menyala ketika gelap. Katak dengan nama spesies Hypsiboas punctatus itu ditemukan para ilmuwan di Amerika Selatan.

Ilmuwan mengklaim spesies katak yang baru ditemukan ini berbeda dengan 7.600 spesies amfibi lain yang ada di Bumi. Artinya, ini jadi penemuan pertama di dunia, katak dengan warna neon.

Jika biasanya katak bewarna seperti pohon untuk melindungi diri dan bewarna menarik biasanya mengandung racun. Hypsiboas punctatus memiliki kemampuan Fluoresensi, atau proses terpancarnya sinar kemudian diserap oleh tubuh dan mengeluarkan warna.

Ini terjadi karena sinar yang dipancarkan memiliki gelombang lebih panjang dan energi lebih rendah daripada radiasi yang diserap.

Fluoresensi pun selama ini diketahui hanya terjadi pada makhluk laut, seperti ikan hiu dan kura-kura.

“Tapi kami tidak pernah melihatnya di katak sebelumnya. Ini bukan hal yang sama seperti bioluminescence yang terjadi ketika makhluk menghasilkan cahaya melalui proses kimia,” kata para peneliti seperti dilansir Viva.co.id, Rabu 15 Maret 2017.

Hypsiboas punctatus memiliki pigmen tertentu ketika menyerap gelombang cahaya. Tapi para peneliti menambahkan bahwa mereka mesti mempelajari lebih lanjut lagi mengenai warna neon yang dipancarkan ini.

Tapi, setidaknya pelajaran penting dari penemuan mereka dikatakan bahwa di darat pun ada hewan yang mengalami fluoresensi.(TMN)

Advertisement

Related posts

Leave a Comment