Baskami Ginting Reses di Johor, Kanal tak Berfungsi Warga Keluhkan Banjir

baskami ginting reses

Topmetro.news – Baskami Ginting reses menggelar reses di Kelurahan Suka Maju Kecamatan Medan Johor. Umumnya warga setempat mengeluhkan masalah banjir yang sering melanda kelurahan itu akibat kanal yang dibangun untuk pengendalian banjir Kota Medan. Dengan kata lain kanal dimaksud tidak berfungsi secara efektif.

“Fungsi Kanal yang dibangun sepertinya kurang efektif. Masalah ini yang dikeluhkan warga agar jadi perhatian serius dari pemerintah,” ujar Drs Baskami Ginting, anggota DPRD Sumut, Jumat (16/3/2018) di ruang kerjanya terkait hasil reses, pekan lalu di Suka Maju Medan Johor.

Dari keluhan warga, lanjut Baskami Ginting, saat kota Medan mengalami banjir akibat hujan deras dan naiknya volume air Sungai Deli, harusnya volume air di Kanal naik, tapi sebaliknya tidak terlihat naik secara signifikan. “Kalaupun terlihat naik, itu air yang berlebih dari sungai, berarti air Sungai Deli tidak tumpah ke kanal sebagai antistipasi banjir di hilir,” ujarnya.

Menyikapi masalah itu, perlu perhatian dari pihak terkait (Balai Wilayah Sungai) untuk menanganinya agar kanal bisa berfungsi dengan baik dan warga sekitar tidak mengalami kebanjiran,” ujar mantan Sekretaris Komisi D DPRD Sumut itu.

Pertemuan dengan konstituen di Kelurahan Suka Maju dihadiri, Camat Kecamatan Medan Johor, Lurah Kelurahan Suka Maju, para Kepala Lingkungan dan tokoh masyarakat. Warga masyarakat berharap pemerintah melalui anggota DPRD Sumut menormalisasi Sungai Batuan mulai dari Jalan Suka Adil-Jalan Tritura dan mulai dari Jalan Suka Tani-Jalan Suka Dharma dengan cara pengerukan, karena sedimentasinya sudah sangat memprihatinkan.

“Apalagi dengan bertambahnya pembangunan rumah-rumah di sepanjang bibir sungai, warga berharap sebisa mungkin untuk dilakukan juga pelebaran Sungai Batuan, karena saat ini lebar sungai hanya ± 1 meter, padahal awalnya lebar sungai ± 4 meter,” ungkapnya.

Jangan Dialirkan ke Sungai Batuan

Keluhan lainnya yang disampaikan warga masyarakat, masalah aliran air dari parit-parit yang ada di Jalan Suka Sehat sekitarnya jangan lagi dialirkan ke Sungai Batuan, tapi dialihkan langsung ke Sungai Deli.

“Kondisi Sungai Batuan sudah tidak mampu lagi menampung debit air yang datang, karena sedimentasinya yang sudah sangat parah. Kalau musim hujan turun warga di Jalan Suka Sehat sekitarnya selalu kebanjiran bahkan bisa sampai 1 minggu baru surut,” katanya.(erris)

Related posts

Leave a Comment