You are here
Mahasiswa FT Nommensen Lolos ‘Academic Research Programme’ di  Taiwan Info Metro 

Mahasiswa FT Nommensen Lolos ‘Academic Research Programme’ di Taiwan

topmetro.news – Mahasiswa FT Universitas Nommensen Chilinton Hutabarat, menjadi salah satu peserta ‘Academic Research Programme’. Hal itu terjadi melewati fase seleksi sangat ketat, dengan kompetitor dari berbagai negara. Kegiatan dibiayai Advanced Institute of Manufacturing With Hight Techs Innovation (AIM-HI). Berlangsung di National Chung Chen University (NCCU) Taiwan.

“Ini merupakan sebuah pencapaian yang sangat bagus bagi mahasiswa Fakultas Teknik UHN. Bahwa FT UHN sudah bisa bermain pada konstelasi global,” tegas Dekan FT UHN Dr Ir Richard Napitupulu MT di Kantor FT UHN, Rabu (21/3/2018).

Dekan FT sangat berterima kasih kepada AIM-HI karena memfasilitasi tiket pulang pergi Chilinton Hutabarat. Lalu selama dua bulan kebutuhannya ditanggung.

“Proposal Chilinton Hutabarat masuk pada Bulan Desember 2017 dan akan dibimbing Prof Aoh Jong Ning PhD,” kata Dekan FT UHN ini. “Sementara bidang dari Chilinton adalah ‘Precision Machinery Manufacturing System’ adalah bidang yang sangat bagus,” tambah dekan lagi.

WUJUD NYATA PERUBAHAN

Dekan FT UHN juga mengatakan, pencapaian ini adalah sebuah wujud nyata betapa mereka secara internal terus melakukan perubahan cepat yang beradaptasi dengan kondisi teknologi terkini, yaitu kemajuan teknologi di jaman ‘now’ ini.

“Kami FT UHN akan terus melakukan berbagai upaya dan terobosan bagaimana supaya FT UHN bisa bersaing pada tataran global. Untuk itu, semua mahasiswa kita akan kita dorong dan fasilitasi untuk bisa berbicara pada level yang lebih tinggi dalam hal prestasi,” papar Dr Richard.

Dia ini juga mengatakan, anak-anak muda dari Sumut harus dibangkitkan. “Jangan ragu kuliah di FT UHN karena pembelajaran di FT UHN yang terdiri dari Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Teknik Sipil yang semuanya terakreditasi ‘B’, kita sesuaikan dengan kebutuhan anak-anak millennial,” kata lulusan S3 Teknik Mesin UI ini.

Dr Richard Napitupulu yang pernah jadi dosen peneliti tamu di CULS Republik Ceko ini mengatakan, globalisasi teknik harus dihadapi dengan mempersiapkan kurikulum dan mitra kerja dari berbagai perguruan tinggi ternama luar negeri.

UNTUK ANAK MUDA MILLENIAL

Sementara Rektor UHN Dr Ir Sabam Malau mengaku sangat bangga dengan prestasi Chilinton Hutabarat yang mampu mengukir prestasi pada level global. “Ini bukti bahwa mahasiswa kita bisa menguasai Bahasa Inggris dengan baik dan benar,” tegas rektor.

“Program ‘NHU Goes International’ kita rancang untuk anak-anak muda millennial,” sambung Dr Sabam.

Rektor juga memaparkan progres ‘NHU Goes International’ yang sedang digalakkan saat ini. “Dimana sejak awal tahun 2015, UHN telah memulai era baru yakni masuk ke pasar global yang disemangat oleh tantangan dan peluang Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA,” katanya.

“Nommensen harus mampu bersaing di pasar global agar tidak menjadi pecundang. Untuk itulah kami mencanangkan misi ‘NHU Goes International’, demi mempersiapkan generasi bangsa ini bermutu global,” tegas lulusan Jerman ini. (TM-RAJA)

211 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment