You are here
Anak Lahir Caesar Rentan Alami Gangguan Kesehatan? Kesehatan 

Anak Lahir Caesar Rentan Alami Gangguan Kesehatan?

topmetro.news – Para wanita yang melahirkan memiliki dua alternatif proses melahirkan, yakni dengan proses normal maupun bedah caesar atau C-section. Namun, kini semakin banyak wanita yang memilih menjalani proses melahirkan dengan proses C-section.

Nah, Anda yang akan segera melahirkan, ada baiknya berpikir ulang sebelum menjalani proses melahirkan dengan bedah caesar atau C-section.

Di Amerika Serikat saja, sekitar sepertiga wanita hamil menjalani proses melahirkan dengan C-section. Namun, studi terbaru yang dipublikasikan pada British Medical Journal menunjukkan, bahwa bayi yang dilahirkan dengan operasi caesar memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap gangguan kesehatan kronis di masa mendatang.

Para peneliti New York University, Amerika Serikat dan Peking University di Beijing, Tiongkok menganalisis beberapa studi tentang operasi caesar. Mereka menemukan bahwa 20 studi mengaitkan kelahiran melalui operasi caesar dengan diabetes tipe 1. Ada pun 23 studi mengaitkan operasi caesar dengan asma, dan 9 studi dengan obesitas.

BELUM MILIKI INFORMASI CUKUP

Meski demikian, banyak dari studi yang dianalisis oleh para peneliti tersebut tidak memiliki informasi yang cukup terhadap kaitan risiko kesehatan tersebut dengan faktor genetik. Namun, ibu yang mengalami obesitas dapat memiliki anak yang obesitas, baik dilahirkan dengan proses normal maupun operasi caesar.

Para peneliti menyatakan, bahwa mereka berharap risiko-risiko ini dipertimbangkan oleh para ibu yang memilih untuk operasi caesar. Memang ada kondisi tertentu yang tidak dapat dihindari sehingga operasi caesar harus menjadi pilihan. Namun tidak sedikit pula wanita yang lebih memilih untuk menjalani operasi ini.

Di Tiongkok, misalnya, seperlima kelahiran dijalani dengan operasi caesar. Bahkan ini sudah dianggap gaya hidup oleh sebagian warga.

“Jelas bahwa anak-anak yang dilahirkan dengan opersi caesar memiliki kesehatan yang lebih buruk. Namun riset lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui apakah operasi caesar yang menimbulkan risiko penyakit atau faktor lainnya. Bagi saya, ada bukti-bukti yang masuk untuk meyakini bahwa operasi caesar memiliki konsekuensi kesehatan jangka panjang bagi anak-anak,” ungkap Dr Jan Blustein, salah satu anggota tim peneliti. (TM-RED)

sumber: kompas

166 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment