You are here
Ayo!! Daftarkan Dirimu Segera Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara 2018 di Disporasu Info Metro 

Ayo!! Daftarkan Dirimu Segera Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara 2018 di Disporasu

topmetro.news – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara, (Disporasu) kembali membuka peluang kepada para pemuda-pemudi Sumatera Utara mengikuti program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) 2018. Dengan demikian, Disporasu telah membuka pendaftaran peserta yang dimulai hari ini, pada Selasa (27/3/2018) hingga 4 April 2018 mendatang. Ayo! Daftarkan dirimu segera seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara 2018 di Disporasu, agar menjadi duta Sumatera Utara ke mancanegara.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara (Kadisporasu), H Baharuddin Siagian, SH, MSi melalui Kepala Bidang Pembinaan Pemuda, Drs M Thohir, SPd bersama Kasie Pengembangan Pemuda, Zulham Effendi Siregar, ST kepada topmetro.news, pada Selasa (27/3/2018) menjelaskan, untuk tahun ini Disporasu memberi kesempatan terbuka kepada pemuda-pemudi Sumatera Utara, guna mengikuti seleksi Pertukaran Pemuda ASEAN-India (AISEP), Program Kapal Pemuda ASEAN-Jepang (SSEAYP) dan Program Pemuda Indonesia-Korea Selatan (IKYEP).

” Saya menginginkan seluruh pemuda-pemudi Sumatera Utara yang memiliki bakat untuk Pertukaran Pemuda Antar Negara ini, benar-benar pemuda-pemudi yang memiliki kesiapan matang baik itu fisik dan mental, dan tak terlepas pula diiringi dengan memiliki keterampilan, baik dalam hal kesenian dari salah satu budaya yang ada di Sumatera Utara ini, yang nantinya diperkenalkan ke negara tujuan. Saya sangat-sangat berkeinginan pemuda yang tampil nantinya benar-benar berkualitas, dan memiliki daya saing yang tinggi,” harap Baharuddin.

Perkenalkan Seni dan Budaya Indonesia

Pertukaran Pemuda Antar Negara ini sebut Baharuddin, di negara masing-masing tujuan yang bakal disinggahi oleh duta Sumatera Utara nantinya, hendaknya dan wajib untuk memperkenalkan seni dan budaya yang ada di Indonesia pada umumnya dan Sumatera Utara khususnya, memperkenalkan keindahan pariwisata yang ada di Indonesia seperti yang ada di Sumut yakni Danau Toba dan lainnya, memperkenalkan juga keberagaman Indonesia ke dunia luar serta dapat saling bertukar informasi dan pengetahuan tentang kemajuan teknologi sekarang ini.

Sementara itu, dikesempatan yang sama Kabid Pembinaan Pemuda Disporasu, Drs M Tohir, SPd menambahkan, bagi pemuda-pemudi Sumatera Utara yang berkeinginan untuk mengikuti seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara 2018 ini, hendaknya mempersiapkan diri terlebih dahulu dengan matang, guna mengikuti seluruh proses seleksi calon menjadi duta Sumatera Utara dalam program tersebut.

Miliki Keterampilan

Tohir kembali menuturkan, dalam seleksi ini nantinya akan dipilih seorang peserta yang layak untuk menjadi duta Sumatera Utara ke masing-masing negara yang telah disebutkan tadi, dan panitia juga akan memilih sebanyak 4 orang sebagai cadangan nya dalam seleksi yang digelar 10-12 April 2018 di Aula Disporasu Jalan William Iskandar (Jln Pancing Medan) No.9 . ” Saya harap, jika dalam seleksi nantinya seluruh peserta hendaknya mengeluarkan seluruh kemampuannya. Apalagi disertakan memiliki keterampilan kesenian daerah Sumatera Utara, atau apa saja yang berkenaan dengan budaya Sumatera Utara,” sebut Tohir.

Ketua Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Sumatera Utara, Gunung Gea mengatakan, program Pertukaran Pemuda Antar Negara ini, merupakan peluang bagi para generasi muda atau pemuda-pemudi Sumatera Utara, guna memperluas wawasan dan meningkatkan sumberdaya manusia, demi kemajuan pembangunan di Sumatera Utara. ” Sudah saatnya pemuda-pemudi Sumatera Utara tampil untuk memperkenalkan budaya daerah ini ke nagara lain, dalam program Pertukaran Pemuda Antar Negara yang dilaksanakan Disporasu ini,” ungkap Gunung Gea.

Bagi pemuda-pemudi Sumatera Utara yang ingin mendaftarkan diri mengikuti program Pertukaran Pemuda Andar Negara, formulir pendaftaran dapat diunduh di www.tinyurl.com/ppansumut2018, atau datang langsung ke Sekretariat Panitia Seleksi PPAN di Kantor Disporasu Jalan Williem Iskandar (Jln Pancing) Medan No. 9. Dan bagi peserta yang berada di luar Kota Medan dapat mendaftar via online melalui seleksippansumut@gmail.com, dengan melampirkan persyaratan yang telah ditentukan. Batas akhir pendaftaran baik manual dan online pada 4 April 2018 pukul 16:00 WIB. Dan dapat menghubungi contac person melalui Satia ke nomor handphone, 0813-7363-8121 dan 0813-7543-6377. (TM-YOFE)

Adapun Persyaratan Umum yang Harus Dilengkapi Bagi Para Peserta Seleksi PPAN 2018:
1. Warga Negara Indonesia (WNI) memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Sumatera Utara.
2. Usia/umur bagi Pria (18 s/d 24 tahun) dan Wanita (20 s/d 30 tahun)
3. Sehat secara jasmani dan rohani
4. Aktif dalam pemberdayaan masyarakat
5. Memiliki kemampuan seni dan kreatifitas
6. Mampu berbahasa Inggris dengan fasih dan berwawasan luas

951 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment