Perayaan Hari Jadi Kabupaten Karo ke-72 Pekan Depan Sajikan Beragam Kuliner Khas Karo

Kabupaten Karo

topmetro.news – Setelah melalui proses panjang untuk menetapkan tanggal Hari Ulang tahun (HUT) atau Hari Jadi Kabupaten Karo yang melibatkan akademisi, tokoh adat, tokoh masyarakat dan stakeholder. Akhirnya, melalui sidang paripurna bersama DPRD Karo, maka disetujui HUT Kabupaten Karo diperingati setiap tanggal 8 Maret. Acara syukuran telah dilaksanakan secara sederhana di Jambur Pemkab komplek Rumah Dinas Bupati.

Sementara puncak pesta akbar perayaannya akan dilaksanakan selama 2 hari, pada hari Jumat-Sabtu tanggal 6-7 April mendatang. Mengingat, peringatan Hari Jadi Kabupaten Karo ke-72 ini, baru pertama kali akan digelar yang mengutamakan pameran dengan konten kuliner khas Karo.

“Makanan kuliner Karo ini akan di sediakan oleh peserta pameran yang terdiri dari stand para OPD (organisasi perangkat daerah) Pemkab Karo, Stand dunia usaha dan dunia industri. Rencananya jumlah stand ada sekitar 30 Stand pada hari perayaan yang pertama kali ini digelar,” ujar Asisten 1 Setdakab Karo Drs.Suang Karo-Karo selaku Ketua Panitia, pada Jumat (30/3/2018).

Dikatakannya, perayaan Hut Kabupaten Karo yang pertama dilakasanakan ini tidak menggunakan dana APBD Karo. Karena sebelumnya tidak ada ditampung, sehingga hampir dibatalkan akibat tidak adanya anggaran.

“Namun Bupati bersikukuh ingin menggelar karena kecintaannya terhadap daerah Karo. Sehingga terbentuklah panitia, Saya selaku ketua bersama Asisten 2 Jernih Tarigan dan Kabag Otda Drs. Robinson Brahmana dan diangkatlah “EO” (event organizer) dadakan dengan tujuan acara ini dapat terselenggara,” imbuhnya.

Sementara, lebih lanjut dikatakannya, lokasi perayaan bertempat di Road Stage depan Rumah Dinas Bupati Jalan Veteran, salah satu jalan protokol di Kabanjahe. Rencananya disepanjang jalan itu akan di sulap menjadi sebuah pameran kuliner khas Karo, dunia usaha dan dunia Industri. Tidak tanggung-tanggung akan di sediakan sekitar 25 ribu porsi makanan khas Karo.

“Makanan khas Karo yang dipamerkan itu akan di bagi gratis kepada masyarakat pengunjung pameran. Bagi masyarakat yang berkunjung ke pameran pasti kebagian mencicipi kuliner khas Karo. Jadi ingat, ajaklah saudara-saudara kita untuk ikut merayakan Hari Jadi Kabupaten Karo. Karena masih banyak masyarakat yang belum tahu,” kata Suang mengakhiri.

Menanggapi itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana saat dikonfirmasi mengharapkan perayaan Hut Kabupaten Karo yang baru pertama kali dirayakan tersebut dapat berjalan dengan baik.

“Saya sangat optimis semua akan berjalan dengan sukses dan membawa manfaat bagi masyarakat dan daerah kita. Semakin menuju sejahtera, bermartabat, kearifan lokal budaya dapat bergaung kembali dan berprestasi. Mari kita bersama-sama ikut memeriahkan meskipun sederhana, tapi maknanya sungguh tidak ternilai karena menjadi catatan sejarah,” sebutnya.

Optimis Berjalan Sukses

Sementara itu pemilik Event Organizer (EO) DDS Three Light, Petrus Peranginangin alias Sam Nagin’s mengaku optimis Perayaan HUT Kabupaten Karo Berjalan Sukses

“Saya tidak akan merasa kaku dan canggung menyelenggarakan kegiatan ini. Sebab dalam kegiatan ini, saya bersama sponsorship PT. Aqua Tirta Sibayakindo optimis dapat berjalan dengan sukses. Dari pengalaman-pengalaman yang ada, mudah-mudahan tidak ada kendala untuk mensukseskan perayaan HUT Kabupaten Karo yang pertama kali digelar,” Sam Nangin’s, di aula Kantor Bupati usai pemaparan.(TMD/Charles)

Related posts

Leave a Comment