#

Cara Mengatasi Kulit Berminyak Agar Lebih Putih

cara mengatasi kulit berminyak
Advertisement

topmetro.news – Kulit berminyak dapat menjadikan anda kurang percaya diri. Meskipun pada dasarnya kulit berminyak juga dapat memperlambat penuaan, namun jika berlebih dapat menyebabkan komedo, jerawat dan masalah kulit lainnya. Disini kita akan mengulas cara mengatasi kulit berminyak agar lebih putih.

Tips Mengatasi Kulit Berminyak

1. Jangan mencuci muka terlalu lama

Mencuci secara teratur bisa membuat Anda merasa lebih bersih dan bebas minyak. Tetapi mencuci kulit secara berlebihan akan justru membuat kulit akan menjadi kering. Kurangi jumlah mencuci muka setiap harinya, bisa dua atau beberapa kali dengan mengunakan pembersih yang seseuai.

2. Gunakan Pembersih Wajah dan Bukan Sabun Biasa

Saat Anda mencuci muka, sebaiknya gunakan air hangat dan pembersih wajah yang sesuai, bukannya air panas dan sabun. Air panas dan sabun hanya akan membuat kulit rentan terhadap infeksi dari bakteri. Sebaiknya gunakan pembersih yang mengandung asam salisilat atau asam glikolat.

3. Hindari Menyentuh Wajah

Cobalah untuk tidak terlalu sering menyentuh wajah Anda di siang hari. Bersandar di tangan Anda atau bermain dengan wajah Anda dapat menyebabkan pori-pori tersumbat yang dapat berubah menjadi bintik-bintik dan komedo, terutama jika kulit Anda secara alami berminyak.

Cara Mengatasi Kulit Berminyak Dengan Masker Alami

Cara mengatasinya juga dapat dilakukan dengan menggunakan masker wajah alami. Beberapa bahan alami diyakini dapat mengurangi produksi minyak diwajah dengan cara yang lebih aman dan efektif. Berikut beberapa masker wajah yang dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah kulit berminyak :

Masker putih telur

Salah satu cara menangani kulit berminyak adalah dengan menggunakan perawatan kecantikan alami dan masker. Obat yang mudah didapat di rumah untuk mengatasi kulit berminyak adalah masker wajah putih telur. Caranya hanya menyiapkan putih telur ditambah satu sendok teh jus lemon segar, lalu oleskan ke wajah anda dan biarkan hingga kering sebelum dicuci lagi dengan air hangat. Kombinasi putih telur dan jus lemon akan sedikit mengeringkan kulit anda juga dapat membantu menghilangkan noda.

Masker Jeruk dan Kunyit

Masker ini dapat digunakan sebagai scrub pengelupas alami untuk kulit berminyak. Menggunakan tepung gram bisa membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati, akumulasi minyak, dan kotoran dari pori-pori. Kunyit yang terdapat pada masker memiliki antibakteri dan anti-jerawat ke. Ditambah dengan susu yang mengandung asam laktat, berfungsi sebagai pembersih dan jeruk mampu mengontrol kelembapan minyak pada wajah.

Caranya:
– Siapkan Tepung Garam 2 sendok makan
– Susu (pembersih) ¼ cangkir
– Bubuk kunyit (antibakteri) ½ sendok teh
– Jus Jeruk (kontrol sekresi minyak) ½ sendok teh

Lalu, campurkan tepung gram, kunyit, susu, dan jus jeruk. Masukkan 2 sendok makan tepung gram ke dalam mangkuk. Tambahkan ½ sendok teh bubuk kunyit ke tepung. Tuang ¼ cangkir susu dan aduk semua bahan dengan baik. Akhiri dengan menambahkan ½ sendok teh jus lemon ke dalam campuran. Gunakan blender tangan agar bahan yang telah dicampurkan tersebut tidak menggumpal.

Kemudian, oleskan bahan-bahan yang telah dicampurkan tersebut ke wajah secara merata. Biarkan masker bekerja selama 20 menit. Bilas dengan air dan gunakan pelembab yang sesuai dengan kulity. Lakukan masker wajah ini minimal seminggu sekali untuk mencegah kulit berminyak.

Masker Ketimun

Mentimun adalah cara paling murah untuk merawat kulit berminyak dan masalah terkaitnya. Sifat astringennya pada mentimun membantu mengencangkan pori-pori kulit dan menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit.

Ketimun juga mengandung vitamin C yang membantu menjaga keseimbangan minyak kulit Anda. Menambahkan jus lemon mampu meningkatkan sifat pengontrol minyak dari wajah.

Masker ini juga bisa ditambahkan dengan tanah liat Fuller yang berfungsi sebagai penyerap minyak. Selain itu, membantu mengencangkan pori-pori kulit dan memperbaiki keseluruhan penampilan wajah Anda.

Langkah Pertama Yang Perlu Dilakukan Adalah

– Siapakn Fuller earth (penyerap minyak) 2 sendok makan
– Jus lemon (kontrol sekresi minyak) 1 sendok makan
– Jus mentimun (bekerja sebagai astringent) 2 sendok makan

Lalu, masukkan 2 sendok makan tanah liat Fuller ke dalam mangkuk. Tambahkan 2 sendok makan jus mentimun segar ke dalamnya. Juga tambahkan 1 sendok makan jus lemon dan aduk semuanya bersama-sama.

Caranya:
Gunakan kuas kosmetik dan oleskan bahan-bahan yang telah diacampurkan tersebut pada wajah Anda. Biarkan masker selama 15 hingga 20 menit atau sampai kering sepenuhnya. Bersihkan dengan air dingin atau hangat, sesuai keinginan Anda. Menggunakan tanah liat dapat mengeringkan kulit Anda. Lakukan maskert ini satu minggu sekali untuk menjaga kulit bebas minyak.

Masker Tomat

Tomat memiliki sifat astringen alami. Oleh karena itu, masker tomat dapat terbukti efektif untuk melarutkan minyak berlebih dari permukaan kulit Anda juga mengecilkan ukuran pori-pori yang tampak besar. Anda bisa menggunakan jus tomat dengan menambahkan madu untuk menjaga kulit terhidrasi.

Caranya:
– Siapkan tomat yang telah dilumatkan hingga menjadi 1 sendok makan
– Siapkan madu 1 sendok makan
– Campurkan 1 sendok makan tomat dan madu tersebut.

Lalu, campurkan keduanya hingga seperti pasta. Anda juga bisa menggunakan jus tomat segar sebagai pengganti ampasnya. Olehkan pada wajah anda secara merata. Hindari area mata. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air.
Gunakan masker ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu untuk menghilangkan kulit berminyak.

Cara Mengatasi Jerawat Pada Kulit Berminyak

Anda mungkin tidak menyukai jerawat dengan kulit berminyak. Untuk menjaga minyak agar tidak menumpuk adalah membersihkan wajah Anda secara teratur. Selalu cuci muka dua kali sehari, pagi dan malam, tanpa pengecualian.

Anda juga harus membersihkan wajah Anda dan tubuh, setelah Anda berkeringat, seperti setelah berolahraga. Keringat dapat mengiritasi jerawat dan menyebabkan jerawat.

Jika anda tidak memiliki sabun dan air, sebaiknya simpan kain pembersih yang sudah dibasahi di dalam tas anda untuk membersihkan kulit. Ada banyak kain pembersih wajah di pasar, bahkan tisu bayi yang bebas pewangi pun bisa digunakan.

Waspadalah terhadap pembersihan berlebihan. Membersihkan wajah terlalu sering dapat mengiritasi kulit Anda. Karena jerawat tidak disebabkan oleh wajah berminyak atau kotor dan mencuci lebih sering tidak akan menghilangkan jerawat.

Menggunakan Masker Kayu Manis dan Jeruk

Kayu manis memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang membantu menghilangkan jerawat pada kulit berminyak. Selain itu, jeruk juga mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan dapat melindungi kulit dari radikal bebas yang berbahaya.

Caranya:
– Siapkan 1 sendok makan bubuk kayu manis
– Sendok makan jus lemon

Lalu, campur bubuk kayu manis dan jus lemon ke dalam mangkuk hingga membentuk seperti pasta. Oleskan campuran tersebut pada wajah Anda dan diamkan selama 20-30 menit. Bilas dengan hingga bersih dan keringkan. Lakukan masker pada wajah ini setidaknya dua kali seminggu.

Menggunakan Masker Bawang Putih dan Madu

Bawang putih memiliki sifat antivirus, antijamur, dan antioksidan yang mampu membantu menyembuhkan jerawat dengan mudah. Madu dapat melembabkan dan menyehatkan kulit Anda.

Caranya:

– Siapkan 1 sendok teh pasta bawang putih
– Siapkan 1 sendok teh madu

Lalu, campurkan pasta bawang putih dan madu dalam mangkuk. Oleskan ke wajah Anda secara menyeluruh dan biarkan selama 10 menit. Bilas hingga bersih dan keringkan. Anda bisa melakukan masker wajah ini sekali atau dua kali seminggu.

Cara Mengatasi Kulit Berminyak Dengan Bedak

Memilih bedak untuk kulit berminyak tidaklah sulit. Hal paling penting dalam memilih bedak yakni yang tidak menyumbat pori-pori agar tidak menimbulkan jerawat.

Bedak hanya dapat membantu mengurangi dampak dari kulit berminyak, namun tidak benar-benar mampu mengurangi jumlah minyak pada kulit Anda.

Jika anda menggosokkan bedak ke wajah, jangan terlalu banyak, karena menutuopi pori-pori yang bahkan mampu menghasilkan lebih banyak minyak.

Agar tidak salah dalam memilih bedak

Jika Anda memiliki kulit berminyak, sebaiknya menggunakan bedak yang ringan dan sesuai dengan kulit anda. Karena bedak itu nantinya akan menyerap minyak.

Cara termudah untuk mengatasi kulit berminyak ini adalah menggunakan bedak yang tidak terasa berat. Kebanyakan orang bingung bedak yang cocok untuk kulit. Hindari menggunakan bedak yang berkilau karena akan membuat wajah Anda terlihat lebih berminyak.

Sebelum Anda memilih bedak yang cocok, sebaiknya ujilah terlebih dahulu di pipi juga tulang rahang atau leher. Bisa juga mengujinya pada lengan Anda. Bedak padat atau ringan adalah yang sesuai dengan kulit anda. Jika Anda memiliki kulit yang cerah, sebaiknya memilih bedak padat berwarna kuning.

Nada kulit medium akan membutuhkan produk yang memiliki warna oranye karena tidak akan gelap maupun terang. Untuk kulit kecokelatan, pilihan terbaik akan menjadi kompak dengan warna tembaga. Jika Anda memiliki kulit gelap, pilih bedak padat berpigmen tinggi yang akan menetralkan warna abu-abu kulit Anda dengan sempurna.

Karena Anda memiliki kulit berminyak, pilihlah foundation yang ringan dan berbasis air dan pilih yang kompak yang kompatibel dengannya. Silahkan mencoba.

Penulis | Rizaldi Gultom

Advertisement

Related posts

Leave a Comment