You are here
Ingin Menjadi Penulis Online? Ini Tips Suksesnya! Ekonomi & Bisnis 

Ingin Menjadi Penulis Online? Ini Tips Suksesnya!

Topmetro.news – Menjadi penulis online, salah satu solusi mencari uang di internet. Menjadi penulis online mungkin jawaban terhadap susahnya mencari pekerjaan saat ini. Banyak yang kita dapatkan ketika menjadi penulis online. Hanya butuh ponsel android atau laptop dan jaringan internet, kita sudah bisa menulis. Enaknya, kita tak perlu bersusah payah ke luar rumah untuk memburu Rupiah.

Menjadi penulis online, harus diakui sebuah profesi yang trend saat ini. Pekerjaan menulis kian diminati, karena profesi ini pekerjaan profesional. Dengan menjadi seorang penulis online, setidaknya kita bisa mengaktualisasi diri sendiri.

Mengapa Harus Menulis?

Seorang penulis pastinya berasal dari kaum intelektual. Sayangnya banyak kaum intelektual itu tidak menulis. Padahal, sebenarnya tidak ada yang sulit, jika banyak latihan. Ibarat parang tumbul, bila sering diasah akan tajam juga. Begitulah kehidupan penulis. Diantara banyak manfaat, menulis di online otomatis mengangkat figur kita sendiri. Karena berpotensi viral dibaca jutaan orang, maka sosok penulis cepat tenar dan dikenal masyarakat Indonesia bahkan (mungkin) dunia. Lebih penting lagi, dengan menulis, kita juga mendapatkan uang.

Anda yang hobi menulis, coba manfaatkan bakat Anda itu untuk mencari uang di internet. Karena mendapatkan uang banyak dari menulis, bukan suatu hal yang mustahil. Sudah banyak orang sukses yang memperoleh uang sebagai penulis. Mengapa Anda tak mencobanya?

Sadar atau tidak, kemajuan teknologi yang serba canggih, kondisi ini justru menguntungkan kita. Sebagai penulis banyak peluang yang bisa kita dapatkan.

Sekadar berbagi pengalaman, Topmetro.News kali ini ingin membagi panduannya.

Dari potensi hingga peluang. Begitulah! Soalnya banyak perusahaan di internet yang siap menampung tulisan Anda. Bahkan beberapa diantaranya justru meminta Anda untuk menulis. Sebagai umpan baliknya, Anda dibayar dengan uang yang tak sedikit jumlahnya. Tidak percaya? Kalau ada waktu luang, silakan cari di mesin pencarian Google situs populer yang membutuhkan penulis andal seperti Anda.

Anda bakal menemukan IDN Times, Basabasi.com, Iwriter.com, Meltik.com, Mojok.com, brilio.net dan masih banyak lagi. Semua situs yang tertera diatas belum termasuk toko-toko online maupun perusahaan umum lainnya yang senantiasa membutuh artikel menarik dari penulis.

Situs yang diminati penulis hebat yang dijadikan sebagai wadah tempat mencari uang di internet masih banyak lagi. Sebutlah misalnya jalantikus.com, vebma.com, ucnews, nulis.co.id atau babenews, zonkeu.com.

Semua situs itu seolah menjadi ‘lahan basah’ untuk menyalurkan bakat menulis Anda, disamping secara otomatis honor mengalir bakal deras ke kantong Anda.

Khusus ucnews sepertinya situs ini paling digemari. Karena selain berafiliasi dengan alibaba.com sebuah perusahaan toko online yang menguasai bisnis online di kawasan eropa, honor yang diberikan pun biasanya dalam bentuk Dolar AS, bukan Rupiah. Pun begitu website www.nulis.co.id. Biasanya web ini dijadikan tempat menulis bagi kaum penulis andal, terlebih situs ini grup perusahaan trans coorporation.

Mendapatkan uang dari situs-situs itu, Anda cukup mengunjunginya di internet. Ini perlu agar Anda mengenal selera perusahaan dan upah yang bakal Anda terima. Misalnya website jalantikus.com khusus mengupas seputar informasi teknologi dan gadget. Mungkin Anda hobi menulis gadget, di sini tempatnya!

Untuk membangkitkan gairah menulis Anda, tak ada salahnya Topmetro.News memberi ilustrasi income yang bakal diterima penulis. Situs membayar Anda Rp10.000 per artikel. Keuntungan lainnya, kita memperoleh Rp20.000 apabila mengajak teman untuk menulis di sana. Wow!

Bahkan Anda mendapat untung Rp 5 hingga Rp 10 per klik. Jadi Anda tinggal menghitung jika tulisan Anda dibaca 25.000 orang.

Begitupun dengan UC News yang siap memberi Anda 15 Dolar AS per pekan. Pun Babe tak mau kalah. Web ini mampu membayar honor Anda hingga Rp20.000 per tulisan selain komisi Rp 5 per klik jumlah view/pembaca.

Di website jalantikus misalnya, biasanya jerih payah penulis dibayar Rp 20.000 per artikel plus Rp 50.000 hingga Rp 100.000 jika viewnya mencapai jumlah tertentu. Anda bisa menghitung sendiri pemasukan ini. Ketika Anda bisa memproduksi 15 hingga 20 artikel dalam sebulan, seluruhnya akan di transfer ke rekening bank yang Anda rekomendasikan ketika mendaftar. Menggiurkan bukan? Toh, semua praktik tulis menulis ini kita kerjakan dari rumah yang hanya praktis membutuhkan internet dan laptop sebagai perangkat kerja.

4 Tips menjadi penulis online yang sukses

Penyaluran bakat menulis untuk memburu Rupiah dengan cara menjadi penulis online peluangnya memang cukup besar. Sayangnya masih banyak penulis yang belum faham dengan trik menulis online. Sepanjang pengamatan kami, beberapa masalah yang paling umum dihadapi adalah:

1. Buat Tulisan Mudah Dipahami

Mungkin Anda berpikir bahwa tulisan yang baik harus panjang. Anda salah besar! Sebab, di dunia online ada standar tulisan yang dianjurkan kepada kita yaitu sekitar 400 hingga 1.700 kata. Jangan pernah Anda buat tulisan hingga 5.000 kata. Karena yakinlah, tak akan ada yang baca tulisan Anda. Buatlah tulisan sesingkat mungkin. Takutnya, Anda sudah capek membuatnya tapi tak ada yang baca, sia-sia kan? Ketika Anda mengetiknya di program notepad, coba dicopas (copy paste) ke Microsoft Word. Di situ kita bisa cek wordcount, terlihatlah jumlah kata dalam tulisan itu.

2. Pilih Topik yang Berbobot

Selain masalah panjang tulisan, Anda dituntut menulis artikel berbobot. Maksudnya berbobot, jangan lari dari topik artikel. Kalau topik artikel Anda tentang kecantikan  (misalnya), fokuslah di masalah kecantikan itu. Pembaca pasti lebih suka tulisan yang fokus dengan topik, daripada Anda menulis yang lari dari topik pembahasan.

3. Buat Judul Menarik

Judul artikel yang menarik, akan memancing pembaca untuk membaca dan mengikuti tulisan Anda. Tapi percayalah, jika judul Anda tidak menarik, maka tak akan ada pembaca yang singgah dan membaca artikel Anda itu.

4. Cermat Memilih Kata-kata

Penulis online yang baik, selalu menggunakan kata yang mudah dicerna. Jangan menggunakan kata atau bahasa-bahasa luar negeri jika hal itu hanya bikin pusing pembaca. Bisa-bisa pembaca Anda mengumpat dan memaki dalam hatinya.

Rumus Piramida Terbalik dalam Penulisan Online

Panduan lainnya yang bisa dijadikan acuan, menulis artikel dengan sistem piramida terbalik. Ada bagian atas, ada bagian tengah, ada pula bagian bawah. Maksud bagian atas, di sinilah Anda menjelaskan persoalan atau topik pembahasan. Di bagian tengah, faktor-faktor pendukung atau tambahan informasi seputar persoalan topik pembahasan tadi. Terakhir di bagian bawah, kesimpulan dari persoalan itu sendiri. Jangan Anda menampilkan bagian tengah ke bagian atas. Jika ini yang Anda lakukan maka pembaca Anda bakal tak faham maksud tulisan Anda.

Hal yang Paling Sering Dilupakan Penulis Online

Apabila Anda telah tuntas memproduksi sebuah artikel, ini hal penting yang wajib Anda perhatikan. Karena di babak ‘finishing’ inilah, Anda punya waktu untuk memperbaiki tulisan itu. Secara manual, Anda harus menyiapkan waktu beberapa menit untuk proses koreksi (editing) sebelum tulisan Anda ditayangkan atau dikirimkan. Perbaiki setiap kata-kata yang mubazir.

Cobalah Membaca dengan Mulut

Setelah semua selesai, tak ada salahnya jika Anda membaca ulang sekali lagi. Tapi kali ini Anda membaca dengan mulut, bukan dengan hati. Anda harus menganggap bahwa posisi Anda sebagai pembaca, bukan sebagai penulis. Jika rasanya sudah pas, tidak ada masalah lagi, silakan ekspos dan kirim tulisan Anda.

Inilah beberapa langkah sebagai panduan mencari uang di internet dengan menjadi penulis online. Semoga bermanfaat. Harapannya, pembaca dapat memulai menulis dengan menjadi penulis online. Intinya, makin cepat kita menulis, semakin cepat pula uang masuk ke rekening kita. (art)

308 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment