#

Merawat Kulit, Anda Wajib Perhatikan Hal Penting Ini

merawat wajah

topmetro.news – Bicara merawat kulit sebenarnya tidak ada yang sulit. Sepanjang kita punya waktu untuk merawatnya dengan benar. Apalagi bahan-bahan yang dibutuhkan untuk perawatan alamiah ada di sekitar kita. Jadi selain tak perlu mengeluarkan modal besar, hasilnya pun alami.

Setiap insan (baik wanita maupun pria) pasti mendambakan kulit yang sehat, cerah dan kenyal. Terkadang untuk mendapatkan kulit yang baik, sering orang harus rela merogoh kocek dalam jumlah yang tak sedikit. Termasuk menghabiskan uang untuk konsultasi ke dokter spesialis kulit. Namun dalam artikel ini, Topmetro.News ingin berbagi tips seputar hal-hal yang wajib diperhatikan dalam masalah perawatan kulit. Tips yang dijabarkan dibawah ini dapat membawa hasil yang alamiah. Dengan mengikuti tips ini diharapkan bermanfaat bagi pembaca sehingga dampaknya bisa tampil lebih oke. Karena dengan kulit yang cerah, dapat menunjang penampilan.

Untuk perawatan kulit dan bagaimana mendapatkan kulit yang alami, Anda wajib memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Jangan Malas, Sebelum Tidur Bersihkan Wajah Anda

Setelah sepanjang hari kita beraktivitas, sebaiknya Anda menyiapkan waktu sedikit untuk perawatan kulit Anda, terutama kulit wajah. Karena ini yang selalu jadi persoalan terutama Anda yang sibuk seharian, lelah hingga lupa merawat kulit. Akibatnya perawatannya terabaikan. Jadi bersihkan wajah Anda dengan sabun beberapa menit hingga bersih. Lap dengan handuk kering yang bersih. Teknik melap kulit wajah pun, cukup dengan menempelkan handuk itu ke kulit, tak perlu digosok-gosok. Karena dengan menggosok kulit, bisa menyebabkan kerusakan pada permukaan kulit.

2. Hindari Makanan Berlemak

Ini juga persoalan yang sering terabaikan. Padahal untuk mendapatkan kulit yang bening, perlu menghindari makanan berlemak, begitupun dengan asin dan makanan yang mengandung manis berlebihan. Ketiga hal ini (lemak, asam dan manis) jika tidak dikontrol, menyebabkan kulit menjadi rusak. Salah satu efeknya, bakal timbul jerawat di wajah. Tentu Anda tidak menginginkannya bukan? Jadi, sejak saat ini hindarilah makanan yang mengandung lemak berlebihan. Begitu pun makanan asin dan manis.

3. Istirahat yang Cukup

Mendapatkan kulit yang bersih dan kenyal, butuh istirahat yang cukup. Ini perlu. Bayangkan jika Anda tidurnya terlalu larut, masuk angin, bobot berat badan Anda akan berpotensi naik. Tidak itu saja, pengaruhnya, kulit Anda tampak kusam berminyak. Usahakanlah untuk tidur lebih awal, dan bangun lebih pagi. Karena kualitas udara pagi juga dibutuhkan untuk mendapatkan kulit yang bening.

4. Cukup Minum Air Putih

Mendapatkan kulit sehat alami, Anda disarankan mengkonsumsi air putih yang cukup. Takarannya antara 1 liter hingga 2 liter per hari. Ini penting agar kulit Anda tetap lembab, kencang dan kenyal. Tidak kering seperti mereka yang biasanya kurang minum air putih.

5. Hindari Sinar Matahari

Jika Anda tidak memiliki mobil, tapi Anda harus bekerja ke kantor dengan mengendari sepedamotor, sebaiknya gunakan penutup kulit, termasuk sarung tangan. Itu berguna untuk mengurangi paparan sinar matahari terhadap kulit. Kulit yang terpapar matahari secara berlebihan mengakibatkan kulit gosong dan berdebu. Jadi kenakan masker, sarung tangan untuk menutupi kulit. Bila perlu gunakan pakaian berlengan panjang sehingga matahari tidak langsung menembus kulit Anda.

6. Olahraga Teratur

Jangan sepele terhadap aktivitas olahraga. Soalnya selain baik untuk kesehatan, olahraga baik pula untuk kulit. Kadar garam yang ada dalam tubuh jika olaharaga teratur, garam yang berbahaya tadi terbuang lewat keringat yang keluar dari pori-pori kulit. Jadi upayakan olahraga teratur. Dianjurkan minimal 5 kali seminggu dan lakukan antara 30 menit hingga 45 menit per hari.

7. Makan Sayur dan Buah

Asupan giji yang cukup mempengaruhi kulit Anda. Disarankan mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Mungkin Anda perlu mengetahui lebih dalam kandungan sayur dan buah yang Anda butuhkan agar menyehatkan kulit.

Wortel

Dipercaya baik untuk kesehatan termasuk kulit. Selain mengandung vitamin A, wortel juga mengandung anti oksidan yang bermanfaat untuk kesehatan kita.

Tomat

Tomat, juga tak kalah baiknya untuk kesehatan. Jenis sayur mayur ini mengandung vitamin A dan C, sangat baik untuk kecantikan kulit.

Mentimun alias Cucumis sativus L

Sayuran jenis ini mengandung air yang cukup. Mentimun dipercaya memiliki manfaat yang luarbiasa kesehatan, kulit termasuk rambut.

Pepaya

Buah pepaya merupakan jenis buah-buahan yang kandungannya paling lengkap baik untuk kesehatan dan kecantikan. Dipercaya mengandung vitamin A, B dan C. Pepayapun diyakini bisa membuat awet muda.

Alpukat

Buah Alpukat mengandung lemak sehat yang berfungsi menjaga kelembaban kulit. Mengonsumsi jus aplukat 2 gelas sehari (tapi tanpa gula) bikin kulit makin kenyal.

8. Jangan Sembarangan Pakai Kosmetik

Terakhir, wanita saat ini sering menggunakan alat kosmetik dengan sembarangan. Tujuannya untuk perawatan dan mendapatkan kulit yang lebih baik. Tapi jika salah memilih kosmetik hasilnya bakal bertolak belakang. Bukannya mendapat hasil yang memuaskan tapi justru kulit Anda bisa tampak gosong dan kering. Jadi sebaiknya hindari menggunakan alat kosmetik yang asal-asalan. Gunakan dengan bahan-bahan alami di sekitar kita.

BACA JUGA | 8 Manfaat Buah Nanas untuk Kulit Wajah

Penutup

Ketika Anda menjalankan hal-hal tadi, niscaya Anda mendapatkan kulit yang berkualitas alami sebagaimana yang Anda impikan selama ini. Untuk membuktikannya, silakan buktikan sendiri dan dapatkan manfaatnya. Tapi ingat, jika berhasil jangan lupa untuk membagikan tips ini kepada orang lain. Karena orang lain pun pasti ingin mengetahui teknik merawat kulit untuk mendapatkan kulit berkualitas bagaimana yang Anda harapkan selama ini. Semoga!

berbagai sumber

Related posts

Leave a Comment