Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami

cara mengatasi kulit kering

Topmetro.news – Anda memiliki jenis kulit kering?. Tahukah anda bahwa penyebab kulit kering adalah karena kurangnya kelembapan dan lemak pada kulit. Oleh karena itu, kulit kering membutuhkan perawatan yang lebih intensif dan teratur. Artikel ini dapat anda jadikan sebagai panduan, bagaimana cara mengatasi kulit kering termasuk wajah dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan sendiri untuk mengatasi masalah kulit kering. Dengan menggunakan bahan yang alami tentunya akan lebih baik, sebab anda tidak perlu khawatir akan efek samping yang akan ditimbulkan.

Baca juga : Cara memutihkan wajah dalam seminggu

Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Bahan Alami

Cara mengatasi kulit kering pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan bahan alami. Bahan-bahan alami ini dapat anda olah menjadi masker wajah atau lulur untuk seluruh tubuh. Berikut beberapa masker dan lulur berbahan alami yang dapat anda gunakan :

Masker Alpukat

masker alpukat

Cara mengatasi kulit dan wajah kering dengan buah Alpukat sudah sangat populer dan sangat mudah dilakukan. Alpukan mengandung nutrisi yang berfungsi sebagai pelembab alami kulit yang aman.

  • Haluskan daging buah Alpukat dengan blender
  • Campurkan dagih buah Alpukat yang telah halus dengan 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh minyak zaitun, kemudian aduk hingga rata.
  • Bersihkan wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori.
  • Oleskan masker secara merata ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit.
  • Bersihkan wajah dengan air hangat dan lap kering dengan handuk bersih.
  • Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas wajah dengan air dingin untuk menutup pori-pori.
  • Untuk mendapatkan hasil terbaik, lakukan 3 kali dalam seminggu.

Anda juga dapat menggunakan cara ini sebagai lulur untuk mengatasi masalah kulit kering di seluruh tubuh.

Masker Pisang

masker pisang

Cara mengatasi kulit kering berikutnya adalah dengan menggunakan masker dan lulur pisang. Buah pisang kaya akan Mineral yang sangat bermanfaat untuk melembabkan kuit. Selain itu, kandungan vitamin B6 pada pisang mampu mengatasi masalah kulit bersisik dan pecah-pecah.

  • Siapkan 2 buah pisang matang dan kupas kulitnya
  • Campurkan dengan 1 sendok makan madu dan setengah cangkir (125 gram) yogurt.
  • Blender semua bahan hingga halus dan tercampur secara merata.
  • Basuh wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori.
  • Oleskan masker pisang secara merata ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit.
  • Cuci wajah dengan air hangat untuk membersihkan masker dan lap kering dengan handuk bersih.
  • Diamkan selama 10 menit dan kemudian basuh kembali menggunakan air dingin untuk menutup pori-pori.
  • Untuk hasil terbaik, gunakan masker pisang ini 3 kali seminggu.

Anda juga dapat menjadikan masker pisang ini sebagai lulur untuk mengatasi masalah kulit kering di seluruh tubuh anda.

Masker Oatmeal

masker oatmeal

Cara mengatasi kulit kering secara alami dengan masker oatmeal sudah cukup populer di dunia kecantikan. Oatmel sudah dikenal mengandung zat Saponin yang sangat baik sebagai bahan pembersih alami kulit. Dengan memadukan oatmel dengan Madu dan mengolahnya menjadi masker, anda akan mendapatkan hasil maksimal untuk masalah kulit kering anda.

  • Campurkan 2 sendok makan oatmeal dengan satu sendok makan madu serta satu tetes air dan aduk hingga merata.
  • Basuh wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori.
  • Oleskan masker oatmeal secara merata ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit.
  • Cuci wajah dengan air hangat untuk membersihkan masker dan lap kering dengan handuk bersih.
  • Diamkan selama 10 menit dan kemudian basuh kembali menggunakan air dingin untuk menutup pori-pori.
  • Untuk hasil terbaik, gunakan masker oatmeal ini 3 kali seminggu.

Untuk mengatasi masalah kulit kering diseluruh tubuh, anda juga dapat menggunakan masker oatmeal ini sebagai lulur badan.

Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Pelembab Alami

Selain menggunakan bahan alami sebagai masker dan lulur, anda juga dapat mengatasi kulit kering dengan menggunakan pelembab alami. Minyak zaitun adalah salah satu bahan alami yang sangat direkomendasikan untuk digunakan sebagai pelembab. Simak cara pemakaiannya dibawah ini :

  • Bilas wajah Anda dengan air hangat lalu oleskan minyak zaitun secara merata.
  • Diamkan selama 10 menit, kemudian lap wajah menggunakan handuk basah yang hangat untuk membersihkannya.
  • Diamkan selama 10 menit dan bilas wajah dengan air dingin untuk menutup pori-pori.
  • Lap kering wajah anda menggunakan handuk bersih.
  • Untuk hasil terbaik, anda dapat melakukan cara ini setiap hari.

Untuk mengatasi masalah kulit kering di seluruh tubuh, oleskan minyak zaitun sebagai pelembab ke seluruh tubuh dan lap kering dengan handuk basah yang hangat.

Untuk mendapatkan tips terbaik dalam memutihkan kulit, simak artikel berikut ini : Cara memutihkan kulit sesuai jenisnya

Tips Untuk Mengatasi Kulit Kering

Untuk mendapatkan hasil terbaik dalam mengatasi kulit kering anda, sebaiknya simak beberapa tips dibawah ini :

Gunakan Pembersih Wajah Tanpa Pewangi

Bila anda ingin menggunakan pembersih wajah yang dijual dipasaran, sebaiknya gunakan pembersih wajah yang lembut dan bebas pewangi. Selain itu, pilihlah sabun yang tidak mengandung banyak soda karena ini akan menjadikan kulit anda lebih kering.

Saat menggunakan pelembab di wajah, pilihlah pelembab yang mengandung vitamin A dan E. Anda juga dapat mempertimbangkan produk yang mengandung ceramide, karena ceramide dapat berfungsi sebagai penjaga kelembaban wajah dan kulit anda.

Pilihlah  scrub yang lembut

Saat memilih scrub untuk kulit, cari sesuatu yang diberi label lembut, melembapkan, atau berlabel khusus untuk kulit kering. Hindari produk yang mengandung partikel kasar dan abrasif. Aplikasikan scrub dengan pijatan yang lembut dan jangan terlalu banyak menekan.

Kebanyakan scrub memiliki bahan dasar minyak dan tidak memerlukan pelembab sesudahnya. Namun hindari menggunakan scrub setiap hari, karena hal ini juga akan dapat merusak kulit anda. Waktu terbaik mengunakan  scrub adalah maksimal dua kali dalam seminggu.

Kurangi Mandi air hangat

Mandi menggunakan air hangat memang memberikan rasa rileks bagi tubuh dan fikiran anda. Akan tetapi untuk  anda yang memiliki kulit kering, terlalu sering mandi dengan air hangat dapat menjadikan kulit Anda pecah-pecah. Waktu terbaik untuk mandi dengan air hangat adalah pada pagi hari dan hanya satu kali dalam seminggu.

Hindari produk perawatan kulit yang mengandung alkohol.

Tips terbaik untuk memaksimalkan cara mengatasi kulit kering lainnya adalah menghindari produk perawatan kulit yang mengandung alkohol terutama untuk toner, peeling dan astringen. Sebab Alkohol merupakan salah satu bahan yang sangat potensial untuk mengeringkan kulit.

Sebaiknya hindari juga produk perawatan kulit yang mengandung minyak mineral, pewarna, pengawet dan parfum. Karena ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit kering.

Lindungi kulit Anda dari sinar matahari langsung.

Melindungi kulit anda dari paparan sinar matahari secara langsung merupakan cara terbaik mengatasi kulit kering. Sebaiknya gunakan tabir surya yang memiliki SPF 30 saat anda keluar rumah. Sinar matahari memang penting bagi kulit. Akan tetapi terlalu banyak sinar matahari dapat menyebabkan kulit Anda menjadi kering.

Minum lebih banyak air Putih

Tips berikutnya untuk cara mengatasi kulit kering anda adalah minum air putih lebih banyak. Sedapat mungkin, penuhi kebutuhan air putih dalam tubuh yaitu sekitar 8 hingga 10 gelas air setiap hari.

Hindari rokok, alkohol dan kafein.

Agar masalah kulit kering anda dapat teratasi dengan cepat dan memberikan hasil yang memuaskan, sebaiknya hindari merokok. Tidak hanya itu, anda juga harus berhenti mengkonsumsi alkohon dan membatasi jumlah kafein yang masuk ke tubuh anda.

Itulah cara terbaik mengatasi kulit kering yang dapat kami rekomendasikan kepada anda. Agar hasil yang anda dapatkan lebih maksimal, sebaiknya gunakan bahan-bahan yang berkualitas baik. Selain itu, segera hentikan pemakaian masker atau lulur jika terjadi iritasi pada kulit anda. (TM-ART)

Related posts

Leave a Comment