Fakta Sains Mengejutkan si Tangan Kidal

topmetro.news – Beberapa orang tidak bisa menggunakan tangan kanan untuk kegiatan utamanya seperti menulis, makan, atau memotong. Orang-orang dengan tangan kidal ini rupanya memiliki fakta-fakta sains yang cukup mencengangkan.

Berikut deretan fakta sains mengenai si tangan kidal yang dilansir dari Answer Africa:

Banyak Pada Kembar:

Ilmuwan menemukan bahwa kembar akan memiliki kecondongan sebesar 22 persen menjadi seorang kidal. Hal ini juga berlaku pada anak prematur karena proses perkembangan mereka belum lengkap di bagian otak. Namun berbeda jika dibandingkan dengan anak yang lahir normal.

Punya IQ Tinggi:

Mereka yang kidal tampaknya sebagian besar merupakan orang-orang yang sangat cerdas. Mereka mampu menangani ilmu matematika dan arsitektur. Ilmuwan di St Lawrence University menemukan bahwa lebih banyak orang kidal yang memiliki IQ di atas 140 dibanding orang normal. Sejumlah ilmuwan yang bertangan kidal adalah Albert Einstein, Isaac Newton, Benjamin Franklin, dan Charles Darwin.

Lebih Rentan Alergi:

Penelitian menemukan bahwa sekira 40 persen dari orang yang psikosis adalah orang kidal. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa orang kidal biasanya mengalami gangguan tidur seperti insomnia. Gangguan lain yang mungkin dialami termasuk alergi, migrain, dan pencinta alkohol yang berkaitan dengan tingkat toleransi orang normal yang lebih tinggi.

Mendengar Lebih Baik:

Orang dengan tangan kidal rupanya lebih akurat dalam mendengarkan perubahan suara yang terjadi dengan cepat dan sering. Penelitian menemukan bahwa orang dengan kecenderungan otak kanan dan kiri memiliki spesialiasasi mendengarkan yang berbeda pada tipe suara dan efeknya. Artinya, orang kidal yang lebih terhubung dengan bagian kanan otak mampu mendengar perubahan suara lebih baik daripada orang normal.

Mudah Melihat di Air:

Salah satu keuntungan menjadi orang kidal adalah mampu menyesuaikan diri lebih mudah di dalam air. Jika orang kidal hobi berenang, mereka akan bisa lebih cepat melihat di dalam air. Belum jelas alasannya, namun peneliti berpikir ini ada hubungannya dengan dominasi otak si kidal.

Hari Kidal se-Dunia:

Setiap 13 Agustus, orang-orang kidal di seluruh dunia merayakan International Lefthanders Day. Perayaan ini dimulai sejak 1976 untuk mempromosikan kesadaran ketidaknyamanan menjadi seorang kidal di dunia yang didominasi para pengguna tangan kanan. Ada sebanyak 7-10 persen orang kidal di dunia. Salah satu negara yang paling banyak merayakan even orang kidal adalah Britania Raya dengan 20 even setiap tahun termasuk event atletis, adaptasi, dan kreativitas. (TM-RED)

sumber: okezone.com

Related posts

Leave a Comment