Kompol Andi Chandra, Lahir di Simalungun, Torehkan Jabatan dan Tanda Jasa Gemilang

wakapolres-labuhanbatu1

Topmetro.news – Wakapolres Labuhanbatu, Kompol Andi Chandra SIK yang ditemukan meninggal dunia Minggu (22/4) sekira pukul 10.00 WIB setelah hilang sehari di Sungai Berombang dikenal taat beragama.

Sebelum menjabat Waka Polres Labuhanbatu, lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2003 ini menorehkan sejumlah prestasi dan jabatan yang gemilang.

Tahun 2003, almarhum lulus dari pendidikan Akademi Kepolisian (Akpol) di Lembang, Bandung, Provinsi Jawa Barat. Kemudian, Andi Chandra ditempatkan di Polda Riau sebagai Perwira Pertama (Pama).

Setahun sebagai Pama di Polda Riau, tepatnya tahun 2004, Kompol Andi Chandra menjabat sebagai Ka SPK regu I di Polres Kampar pada Polda Riau. Di tahun yang sama, almarhum menjabat sebagai Kanit II Sat Reskrim Polres Kampar.

Fasih Bahasa Inggris

Tahun 2006, pria yang fasih bahasa Inggris itu ditempatkan sebagai Pama Akpol Lemdikpol di Polda Riau. Lalu sebagai Dantor Tar Kortasis Dit Dintarlat Akpol Lemdikpol. Tahun 2009, almarhum ditempatkan sebagai Danki Tar Kortasis Akpol Lemdikpol. Di tahun yang sama, dia sebagai Pama PTIK dalam rangka DIK PTIK.

Tahun 2010, sebagai Pama Polda Lampung yang kemudian menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Way Kanan pada Polda Lampung. Lalu sebagai Kaur Standarisasi Subbidwabprof Bid Propam Polda Lampung dan tahun 2011 sebagai Kapolsek Candi Puro pada Polres Lampung Selatan Polda Lampung.

Lalu pada 2012, sebagai Pama Lekdikpol yang kemudian menjabat Kasattar TK I/Angkatan 47 Korbintarsis Ditbintarlat Akpol Lemdikpol.

Tahun 2014, almarhum Kompol Andi Chandra  yang memiliki tinggi badan 170 sentimeter itu menjabat Wakadentar TK I/Angkatan 49 Korbintarsis Ditbintarlat Akpol Lemdikpol. Di 2015, menjabat Paur Bidjas Ditakademik Akpol Lemdikpol dan 2017 sebagai Pamen Lemdiklat Polri dalam rangka DIK Sespimmen 2017 yang kemudian jadi Pamen Polda Sumut. Terakhir, almarhum Kompol Andi Chandra SIK SH menjabat sebagai Waka Polres Labuhanbatu pada Polda Sumut.

Sedangkan prestasi gemiliang pernah ditorehkan almarhum, yakni SL Dwija Sistha dan SL Kesetiaan selama delapan tahun.

Kompol Andi Chandra SIK lahir di Kabupaten Simalungun, persisnya di Nagori (Desa) Bandar Malela, Kecamatan Gunung Maligas, 20 Oktober 1981 silam. Almarhum dikebumikan di tanah kelahirannya.(TM-07)

Related posts

Leave a Comment