Inacraft 2018 Bakal Dibuka Presiden RI

dibuka Presiden RI

topmetro.news – Perhelatan Inacraft 2018 direncanakan dibuka Presiden RI Joko Widodo pada Opening Ceremony Inacraft tangal 25 April 2018. Inacraft kali ini, Sumatera Utara (Sumut) diangkat sebagai icon utama dengan Tema “From Smart Village To Global Market dan Sub Tema 20 Tahun Inacraft Mewarnai Dunia”.

Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Sumut, Hj Evi Diana Erry Nuradi berharap semua pihak dapat mensukseskan penyelenggaraan Inacraft 2018 tangal 25–29 April 2018, di Jakarta Convention centre, Jakarta.

“Tak hanya produk kerajinan, semua seni dan budaya di Sumut juga akan tampilkan dan kita harapkan semua warga Sumut yang ada di Jakarta untuk datang meramaikan acara tersebut,” harap Evi yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Sumut ini, pada Senin (23/4/2018).

Apalagi, lanjut Istri Gubsu ini, momen ini merupakan momen yang tepat bagi para perantau asal Sumut yang ada di Jakarta dan sekitarnya yang selama ini tak sempat pulang ke kampung halamanya.

“Nah nantinya warga Sumut yang ada di Jakarta benar-benar merasakan suasana di Sumut,” janjinya.

Saat ini, persiapan yang telah dilakukan Dinas Perindustrian Sumut untuk menggelar event ini sudah final. Produk-produk unggulan daerah masing-masing di kabupaten/kota dan juga Provinsi Sumut juga telah siap ditampilkan di tempat strategis di areal lobi utama dengan luas 180 M2 atau setara dengan 20 stand di Paviliun daerah.

“Stand untuk Provinsi Sumut di Main Lobby sebagai ajang promosi produk unggulan dan Sumut juga ada 45 stand untuk kabupaten/kota dan BUMN/BUMD yang ada di Sumut,” ungkapnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut Alwin, menambahkan pelaksanaan pameran Inacraft 2018 tertuang dalam surat Ketua BPD Asephi Sumut No. 37/BPD-SU/Asephi/IX/2016 tanggal 3 Oktober 2016 perihal Icon Inacraft 2018 di JCC Jakarta. Kemudian surat keputusan Ketua Umum Asephi No. SU-107/BPP/Asephi/IV/2017 Sumut sebagai icon Pameran Inacraft ke 20.

“Acara yang akan digelar selama lima hari ini direncanakan akan dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Perdagangan dan Ketua Umum BPP Asephi,” kata Alwin.

Selain itu, nantinya Presiden dan rombongan juga akan melakukan peninjauan pameran Inacraft 2018. Esok harinya, juga akan digelar seminar Inacraft, workshop dan penampilan seni dan budaya Sumut.

“Untuk hari Jumat dilakukan penjurian Inacraft Award 2018 yang nantinya akan dilakukan penganugerahan Inacraft 2018,” katanya.

Gelar Seni Budaya Sumut

Untuk hari Sabtu dan Minggu, selain digelar acara seni dan budaya Sumut serta workshop juga dilakukan pengundian door Prize.

“Jadi nantinya para pengrajin kita dari Sumut dapat membuka mata dengan melihat kerajian-kerajian dari dareh lain sebagai inspirasi untuk mengembangkan produktivitasnya,” harapnya.(TM/ERRIS)

Related posts

Leave a Comment