Bapopsi Kabupaten/kota se-Sumut Harus Bina Cabor Prioritas

bapopsi

topmetro.news – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara, H Baharuddin Siagian SH MSi, mengintruksikan kepada Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (Bapopsi) se-Sumut, untuk fokus membina satu cabang olahraga prioritas. Pembinaan terhadap atlet pelajar harus dilakukan sejak dini, untuk melahirkan atlet-atlet pemula berbakat di Sumut. Mereka nantinya juga diproyeksikan pada even skala nasional, seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, sekaligus Sumut bersama Aceh akan menjadi tuan rumah.

Agar terwujudnya misi tersebut, Baharuddin mengatakan salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan komunikasi dan koordinasi antar Bapopsi dan pengurus cabang olahraga di kabupaten dan kota. Kemudian meminta kepada setiap kabupaten kota mempunyai wadah untuk melatih satu cabang olahraga pilihan. Jadi nantinya setiap daerah mempunyai atlet unggulan di salah satu cabang olahraga.

“Harus ada program prioritas di setiap kabupaten kota ini untuk melatih satu cabor. Hal ini juga tercantum dalam undang-undang keolahragaan nasional, dan ini wajib untuk dilakukan di semua daerah. Jadi, targetnya nanti bisa kita buat kejuaraan seperti memperebutkan piala bupati, piala walikota, tidak hanya saat ini hanya memperebutkan piala gubernur saja,” ujar Baharuddin Siagian dalam Musyawarah Provinsi (Musprov) Bapopsi Sumut di hotel Grand Kanaya Medan, pada Selasa (8/4/2018).

Dengan demikian kata Baharuddin yang juga ketua Bapopsi Sumut ini, jika sudah tercipta program pembinaan atlet di setiap kabupaten dan kota akan memudahkan Disporasu untuk mencari atlet-atlet berbakat untuk dipersiapkan pada even jangka panjang, terutama pada PON 2024 nanti. ” Karena saya yakin banyak daerah mempunyai potensi untuk atlet berbakat, seperti di Nias yang terkenal dengan lompat tingginya, atau di Kabupaten Karo yang terkenal dengan gulatnya, dan kabupaten-kabupaten lainnya. Melalui musyawarah Bapopsi ini, saya harapkan pembinaan atlet pemula di setiap kabupaten kota ini segera dimulai, dan nantinya Sumut tidak akan lagi kekurangan atlet saat mengikuti berbagai kejuaraan nasional terutama dalam menghadapi PON 2024 mendatang, ” tandasnya.

KONI Sumut Mengapresiasi

Hal serupa juga dikatakan oleh Ketua KONI Sumut Jhon Lubis. Jhon mengapresiasi Dispora Sumut untuk aktif menjaring, mencari dan membina atlet pemula yang ada di setia daerah di Sumut. Dengan begitu, regenerasi atlet di Sumut tidak terputus.

” Sumut sudah terpilih untuk menjadi tuan rumah PON 2024 bersama Aceh. Saatnya pemerintah provinsi melalui Disporasu untuk aktif dan bekerja melatih dan membina atlet-atlet berpotensi di daerah. Agar Sumut dalam PON 2024 nanti bisa memperoleh banyak medali,” pungkasnya.

Musprov Bapopsi Sumut berlangsung sejak 7-9 Mei 2018. Peserta yang hadir total 68 peserta yang merupakan perwakilan dari Bapopsi Kabupaten dan kota Se Sumut. Hadir pada pembukaan Kabid Pembudayaan Olahraga Disporasu Rudi Rinaldi S Sos, Plt Sekum Disporasu Sujamrat Amro, serta pejabat utama disporasu. (TM-YOFE)

Related posts

Leave a Comment