Dairi Disapu Angin Puting Beliung, Puluhan Rumah dan Lahan Petani Rusak Parah

angin-puting-beliung

Topmetro.news – Lahan pertanian dan puluhan rumah rusak parah di Dusun Manik Maria, Desa Pegagan Julu VII, Kecamatan Sumbul, Kabupaten Dairi setelah disapu angin puting beliung, Jumat (11/5/2018) pukul 15.30 WIB.

Angin puting beliung disertai hujan es itu juga menghancurkan tanaman pertanian milik warga, seperti kopi, ubi kayu, jagung dan pepohonan besar lainnya.

Keterangan dari warga, sebelumnya kejadian terjadi angin kencang disertai suara gemuru yang menakutkan dan tiba-tiba terlihat seng dan dedaunan beterbangan dan selanjutnya disusul hujan es seperti batu jatuh dari langit.

Disapu Angin Puting Beliung, Warga Tiarap

”Kami terpaksa jongkok dan tiarap di tengah ladang, karena takut dibawa angin yang kencang,” kata Rospita Simamora (50) warga setempat.

Disebutkan, kejadian angin kencang disertai hujan es hanya berlangsung sekitar lebih kurang 15 menit. ”Puji Tuhan kami sekeluarga di ladang saat kejadian selamat semua. Hanya teras rumah kami yang rusak,” kenangnya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian materil ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Kabel Tertimpa Pohon Jaringan Listrik Padam

Pantauan Koran Top Metro (media grup Topmetro.News), pasca kejadian jaringan listrik di Desa Pegagan Julu VII padam, karena ada beberapa kabel tertimpa pohon dan beberapa tiang listrik tumbang.

Sementara Kepala BPBD Dairi, Bahagia Ginting mengatakan pihaknya masih mendata berapa jumlah rumah yang rusak.Jadi saat ini belum tahu berapa jumlahnya, tim BPBD masih mendata,” terangnya.(TMD hartono)

Related posts

Leave a Comment