Rektor Nommensen Ucapkan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa

topmetro.news – Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan Dr Ir Sabam Malau mengucapkan selamat menjalankan Ibadah Puasa. “Sebagai kampus yang sangat menghargai keberagaman agama dan suku, kami segenap pimpinan Universitas HKBP Nommensen Medan (UHN Medan) mengucapkan selamat menjalankan Ibadah Puasa,” katanya.

“Kepada saudara Umat Islam yang ada di Sumatera Utara, selamat menjalankan Ibadah Puasa 1 Ramadhan 1439 H. Banyak mahasiswa UHN yang beragama Islam dan mendapat pelayanan yang sama tanpa ada perbedaan,” tegas Dr Sabam yang ketika itu didampingi Wakil Rektor (WR) I Dr Haposan Siallagan SH MH, WR II Drs Charles M Sianturi MSBA, WR III Ir Sindak Hutauruk MSEE, WR IV Dr Hilman Pardede MPd, Kabiro Keuangan Ardin Doloksaribu SE MSi Ak, dan segenap dekan.

Dia pun menegaskan, semua umat beragama di Sumatera Utara harus menghormati Ibadah Puasa. “Karena Ibadah Puasa merupakan upaya membangun karakter dan untuk kemajuan bangsa kita ini kelak,” katanya.

Rawat Kebersamaan di Sumut

Rektor menegaskan, kerukunan umat bergama di Sumatera Utara yang telah lama terjalin, diharapkan memperkuat dan mempererat persatuan dan kesatuan. “Keberagaman di Sumut merupakan anugerah Tuhan. Karena dengan beragam dalam suku dan agama, kita semakin kaya. Indonesia, khususnya Sumut merupakan daerah yang punya potensi sangat besar dari sudut keberagaman,” sebutnya.

Dr Sabam mengatakan, dalam menjalankan ibadah puasanya, dosen dan mahasiswa yang ada di UHN mendapat dukungan dari rektor dan dekan. “Kita terus mendorong puasa yang dijalankan mahasiswa Muslim UHN itu benar-benar membangun karakternya. UHN adalah kampus yang sangat menghargai keberagaman dan keberagaman. Itu musti di jaga. Maka tanggung jawab UHN adalah mendorong ibadah puasa itu jadi kekuatan bangsa untuk membawa bangsa ini sebagai bangsa yang berdaulat,” urainya.

Menguatkan apa yang dikatakan rektor, WR I Dr Haposan Siallagan sangat mengharapkan Ibadah Puasa yang dijalankan Umat Muslim di Sumut bisa berjalan dengan baik. “Kami sebagai saudara Muslim membantu dengan segala upaya untuk keberhasilan ibadah puasa Umat Muslim. Puasa merupakan ritual Agama Muslim yang harus kita dukung. Karena dengan puasa, karakter manusia dan karakter bangsa ini bisa terbangun,” katanya.

UHN Menghargai Keberagaman

“Umat Muslim berpuasa, kami Umat Kristen menjaga bagaimana supaya ibadah puasa itu berjalan dengan baik. Dari sini sudah dapat kita simpulkan bahwa masyarakat Sumut sangat menghargai keberagaman. Dan tanggung jawab kita untuk menjaga keberagaman itu,” tegas wakil rektor.

Perlu dipahami, UHN merupakan kampus yang sangat menghargai keberagaman. Semua umat beragama ada di lingkungan UHN. Semua mahasiswa diperlakukan sama di lingkungan UHN. UHN tidak ada membuat istilah kelompok minoritas dan juga kelompok mayoritas. Di lingkungan UHN banyak dosen yang berhijab dan itu sangat dihargai. Karena UHN menyadari keberagaman itu sangat indah.

“UHN sekalipun perguruan tinggi Kristen, tetapi sangat menghargai umat agama lain. Karena landasan UHN adalah kasih dan menebarkan kasih pada semua semesta. Itulah sebabnya, UHN mendorong, mendukung dan mengharapkan keberhasilan Ibadah Puasa Ramadhan 1439 H, sebagai kekuatan bangsa kita,” tegas rektor dan diamini semua Wakil Rektor UHN. (TM-RAJA)

Related posts

Leave a Comment