Enam Jenis Ide Bisnis Sampingan yang Pas untuk Anda, Simak di Sini!

Topmetro.news – Mungkin profesi Anda kini sebagai karyawan di sebuah perusahaan yang nota benenya penghasilan per bulan bisa jadi tak mencukupi menutupi kebutuhan sehari-hari. Tapi jangan khawatir, seiring perkembangan teknologi saat ini, ada banyak solusi yang bisa Anda kerjakan untuk menambah pundi-pundi pemasukan Anda lewat bisnis sampingan yang pas.

Sejujurnya dengan menekuni bisnis, banyak karyawan yang ‘sign out’ keluar dari perusahaan. Terlebih 9 jam kerja sehari, masuk pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 5 sore setiap hari, pasti terasa membosankan. Belum lagi di kantor perusahaan, sering dimarahi atasan karena tidak tercapai target dan selalu bekerja dibawah tekanan.

Nah di bisnis ini, Anda mutlak mengatur waktu Anda. Semakin serius Anda menjalankan bisnis online yang menggunakan fasilitas laptop dan internet ini, semakin banyak pula uang yang Anda peroleh.

Jadi segeralah bikin kesimpulan, ambil laptop Anda dan pelajari jenis bisnis sampingan yang pas untuk Anda

6 Jenis Bisnis Sampingan yang Pas Bisa Dikerjakan dari Rumah

1. Membuka Usaha Jasa Menjahit

Banyak orang yang ingin menjahitkan pakaiannya dengan model dan ukuran tertentu, misalnya mereka yang punya tubuh agak gemuk atau terlalu kurus.

Mereka ini pasti selalu mencari jasa penjahit pakaian yang bisa membuat pakaian yang sesuai bentuk tubuh mereka. Peluang bisnis yang satu ini sangat cocok untuk orang yang memiliki minat pada dunia fashion, tentunya Anda harus memiliki kemampuan dalam menjahit dan mendesain pakaian.


2. Bisnis Makanan

Kini masuk bulan Ramadhan. Ini kesempatan membuka usaha /bisnis makanan. meskin sifatnya musiman namun untung yang diperoleh cukup lumayan.

Selain membuka bisnis makanan yang bersifat musiman, Anda juga bisa memulai bisnis sampingan makanan yang bersifat permanen. Mulai dari saus telur asin, snack atau cake bertema, coklat, green tea, atau lemon, hingga aneka makanan dengan pilihan level pedas bisa Anda jadikan referensi untuk memulai bisnis.

Tapi, ingat sebelum untuk memulai bisnis makanan ini, Anda diminta harus lebih dulu melakukan riset. Termasuk riset pasar dan selera pasar. Apalagi segala yang kekinian pasti ada masanya. Kalau trennya sudah berganti, bukan tidak mungkin usaha Anda akan sepi bahkan ditinggal orang.

Berapa modal yang dibutuhkan untuk bisnis makanan ini? Ternyata tak terlalu besar, cukup antara Rp1 juta hingga Rp2 juta kita sudah punya bisnis makanan yang bisa kita pasarkan di kantor-kantor atau pun kerabat kita di perusahaan-perusahaan.

3. Bisnis Jasa Desain

Anda punya keahlian desain grafis? Jangan maksimalkan keahlian Anda untuk pekerjaan kantor saja. Anda bisa berbisnis jasa desain sendiri untuk aneka kebutuhan mulai dari desain produk, desain banner, desain pakaian dan masih banyak lagi. Kini, banyak orang yang cari kado unik dengan desain khusus sesuai selera. Bisa kado untuk ulang tahun, pernikahan, wisuda, anniversary lainnya.

Untuk bisnis ini, Anda mungkin bisa bermitra dengan kerabat atau teman yang punya ketertarikan serupa.

Fasilitas yang dibutuhkan Anda cukup bermodalkan laptop dan printer untuk bisa memulai bisnis jasa desain. Umumnya, laptop yang mumpuni untuk desain grafis memiliki spesifikasi di atas rata-rata dengan kisaran harga yang tinggi.

Tidak perlu khawatir, Anda bisa coba kredit laptop untuk desain grafis karena kredit lebih menguntungkan dibanding membeli tunai.


4. Bisnis Katering

Bisnis katering maksudnya bukan katering yang besar untuk hajatan atau pesta-pesta. Sebab, katering dengan jenis itu pasti butuh modal dan sumber daya yang besar. Anda bisa mulai dengan membuat katering sarapan atau makan siang untuk dipasarkan ke teman-teman di kantor.

Caranya, Anda bisa memulai dengan cara membawa hasil masakan Anda, lalu memberikan tester ke teman-teman di kantor. Jika mereka suka, mengapa Anda tidak memulai untuk menekuninya? Kan tinggal negosiasi harga bayaran per bulan, bukan?


5. Bisnis Online

Menjamurnya bisnis online bisa menjadi peluang bisnis baru yang bisa Anda buat dengan modal minim. Kalau Anda punya keahlian atau ketertarikan khusus, misalnya membuat kue, atau membuat mi gomak, Anda bisa memperluas keahlian itu dengan terjun langsung ke bisnis online shop.

Anda bisa cari vendor yang bisa produksi massal aksesoris seperti pin atau scarf dengan desain khusus dari Anda. Kemudian, Anda bisa menjualnya di media sosial atau daftar akun penjual di merchant online seperti Bukalapak dan Tokopedia dan masih banyak toko online lainnya yang kapabel.

Bagi Anda yang butuh laptop untuk memulai dan mengatur bisnis online shop nantinya, Anda bisa membelinya dengan cara kredit.

6. Bisnis Minuman

Aneka minuman coklat dan jelly bubble kini masih disukai banyak orang. Kalau Anda tinggal di wilayah yang ramai lalu lalang orang tiap harinya, franchise minuman coklat atau bubble ini bisa jadi ide bisnis yang pas. Dengan modal minimal Rp 3 juta hingga Rp 4 juta untuk beli franchise paket minuman, Anda sudah bisa menjalankan bisnis yang satu ini di rumah.

Anda bisa menjualnya dengan harga Rp5.000 atau Rp10.000 per cup, tergantung dengan variasi dan bahan-bahan baku pembuatannya.

Demikian ide bisnis sampingan yang pas terkhusus untuk kalangan karyawan yang punya gaji pas-pasan. Peluang usaha sampingan ini bisa dicoba, karena selain praktis modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis ini tidak terlalu besar. Selamat mencoba! (art)

Related posts

Leave a Comment