You are here
Dolar Tembus Rp 14.156, Rupiah Terjun Bebas Ekonomi & Bisnis 

Dolar Tembus Rp 14.156, Rupiah Terjun Bebas

Topmetro.news – Nilai tukar Rupiah terjun bebas ke level terendah sementara mata uang dolar AS menembus ke angka Rp 14.156. Kondisi ini terjadi diduga lantaran banyak warga asing membawa pulang uang ke negaranya. Pemicu lainnya tak lepas dari iklim ketidaknyaman di Indonesia.

Mantan Menteri Keuangan Fuad Bawazier di Jakarta, Sabtu (19/5/2018) mengatakan, peristiwa yang terjadi belakangan ini antara lain ledakan bom di Surabaya, merupakan salah satu indikator penyebab  Rupiah terjun bebas dan melemah terhadap sejumlah mata uang asing terutama Dolar AS.

Rupiah Terjun Bebas, Sektor Pariwisata Terpukul

“Sektor pariwisata memang terpukul dengan adanya kejadian itu, termasuk para investor yang akan menanamkan uangnya di Indonesia juga kemungkinan mengurungkan niatnya, karena faktor kenyamanan,” terang Fuad yang juga mantan Dirjen Pajak ini.

Menurut dia, fundamental ekonomi Indonesia yang tidak kuat yang menyebabkan Rupiah terjun bebas terhadap dolar AS. Selain itu, impor Indonesia lebih kebutuhan konsumtif dan bukan produktif sehingga mendorong Rupiah terus melemah.

”Neraca perdagangan kita selalu defisit karena impor lebih besar daripada ekspor sehingga kita tidak ada pemasukkan devisa,” terang Fuad.

Pemerintah, kata Fuad, khususnya Presiden Jokowi dan menterinya agar tidak melakukan propaganda dalam menanggapi melemahnya nilai Rupiah terhadap dolar AS. “Sebab selama ini pemerintah dengan membungkusnya yang menuding melemahnya Rupiah karena faktor eksternal semata,” papar Fuad.

Pelemahan nilai tukar Rupiah ini merupakan kondisi terburuk di antara mata uang negara di kawasan Asia. Diikuti Rupee mata uang India yang melemah 0,43 persen, yen Jepang minus 0,21 persen, dan baht Thailand minus 0,12 persen.(tmn)

sumber: poskota

335 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment